Sukses

Kisah Mbah Atin, Legenda Urban di Yogyakarta yang Dikaitkan dengan Petaka

Jagat maya sedang ramai memperbincangkan kisah mistis legenda urban asal Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jagat maya sedang ramai memperbincangkan kisah mistis legenda urban asal Yogyakarta. Sosok yang disebut Mbah Atin di Yogyakarta muncul dan digaungkan dalam cuitan akun Twitter @UrbandLejen.

Akun itu mengunggah foto, yang disebut sebagai Mbah Atin, dari akun Instagram @merawatjogja. Mbah Atin dipercaya sebagai perempuan tua yang mendatangkan petaka jika ada orang yang melihat ia menampakkan diri.

Sosok Mbah Atin berkembang dan menjadi legenda urban di Yogyakarta karena diceritakan dari mulut ke mulut.

Kisah Mbah Atin berasal dari Yogyakarta. Ia adalah perempuan tua yang memakai kebaya kuning dan menenteng tas hitam. Tidak ada yang tahu asal mula Mbah Atin, tetapi keberadaannya selalu dikaitkan dengan bencana.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penampakan Jadi Pertanda

Akun Instagram tersebut menceritakan bagi orang yang melihat Mbah Atin, maka ada dua kemungkinan. Pertama, tempat itu akan dilanda bencana atau yang kedua, akan ada orang yang meninggal dunia.

Selain disebut sebagai pertanda bencana, Mbah Atin juga disebut sebagai pencabut nyawa. Seperti seorang anak kecil yang bercerita jika ia bertemu nenek dalam mimpinya. Tak sampai sore hari, anak kecil tersebut tewas terbawa arus air.

Selain dikenal pencabut nyawa dan pembawa petaka, sebagian orang mayakini bahwa Mbah Atin adalah orang yang punya ilmu hitam dan kekuatan jahat. Dulu, Mbah Atin adalah sosok perempuan dengan gangguan mental yang memperdaya korban dengan mengajaknya jalan-jalan, memberi makanan, sebelum kemudian dibunuh dan dijadikan penyempurna ilmunya. Namun, cerita ini kemudian disalahartikan sebagai pertanda kematian dan pangkal dari segala bencana.

Mbah Atin merupakan sosok misterius yang tidak diketahui benar atau tidaknya. Mbah Atin sering berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Cerita-cerita yang sudah dialami oleh masyarakat juga tidak bisa dipastikan jika penyebabnya adalah Mbah Atin. Yah, ada yang meyakini sedangkan sebagian orang lagi tak percaya begitu saja dengan kisah ini.

 Penulis: Tifani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.