Sukses

Hujan Deras Berjam-jam, 3 Kabupaten di Sulawesi Selatan Terendam Banjir

Hingga kini tim gabungan dari berbagai instansi bergerak untuk membawa bantuan ke wilayah-wilayah yang terdampak banjir.

Liputan6.com, Makassar - Hujan deras yang melanda Sulawesi Selatan pada Rabu (7/7/2021) sore hingga dini hari membuat sejumlah wilayah terendam banjir dan longsor. Sedikitnya ada tiga kabupaten yang terdampak yakni Kabupaten Jeneponto, Bantaeng, dan Sinjai.

"Iya betul ada tiga kabupaten yang terdampak, saya lagi perjalanan ini bawa bantuan," kata Kabid Kebencanaan BPBD Sulsel, Andi Wahid kepada Liputan6.com, Kamis (8/7/2021).

 

Wahid menyebutkan bahwa berdasarkan laporan yang diterima oleh BPBD Sulsel, di Kabupaten Jeneponto banjir disebabkan oleh luapan Sungai Tarowang. Sedikitnya ada 10 rumah warga yang hanyut dan 30 rumah lainnya mengalami rusak berat. 

"Belum ada laporan korban jiwa," ucapnya. 

Sementara di Kabupaten Bantaeng sedikitnya ada 1000 rumah yang terendam banjir. Hingga kini tim gabungan di Kabupaten Bantaeng tengah siap siaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

"1000 rumah dan 5000 jiwa. Tidak ada laporan korban jiwa," sebut Wahid. 

Lalu di Kabupaten Sinjai, banjir disebabkan oleh hujan deras yang diperburuk oleh air pasang dari laut. Akibatnya Kecamatan Sinjai Utara dan Kecamatan Sinjai Timur terendam banjir. 

"Selain itu terjadi longsor juga di dua titik di Kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara yakni Lingkungan Batupake dan Lingkungan Taipa," sebutnya. 

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.