Sukses

Yuk Dukung Galeri Akusikka NTT Jadi Destinasi Belanja Favorit API 2021

Asosiasi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Manengah (UMKM) serta Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Sikka (AkuSikka) Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021.

Liputan6.com, Sikka - Asosiasi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Manengah (UMKM) serta Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Sikka (AkuSikka) Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021.

Melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, sejak tanggal 1 Juli hingga Oktober 2021 menyelenggarakan vote untuk pemilihan Destinasi Belanja Terfavorit (DBT) dari 10 nominator yang telah ditetapkan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Akusikka yang merupakan perkumpulan para pengusaha kecil dan pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Sikka patut berbangga, karena berhasil keluar sebagai satu dari sepuluh nominasi wisata belanja tersebut.

Saat ini Galeri UMKM Akusikka telah mendapat kode vote agar dapat diumumkan kepada masyarakat luas untuk memperoleh suara terbanyak sehingga dapat meraih predikat terfavorit di Indonesia.

Ketua Asosiasi Pelaku UMKM dan Ekonomi kreatif Kabupaten Sikka Akusikka, Sherly Irawati, kapada media ini, Sabtu (3/7/2021), melalui sambungan telepon mengatakan dirinya sangat senang dan berbangga dengan capaian ini.

Agar produk kerajinan, kuliner serta berbagai produk olahan lainnya semakin diminati oleh masyarakat, baik di daerah maupun di tingkat nasional, sangat dibutuhkan dukungan dari semua kalangan.

“Pelaku usaha yang tergabung dalam AkuSikka memiliki beragam produk, d imana pihaknya selalu melibatkan anggota dalam setiap pameran, baik di dalam maupun di luar Kabupaten Sikka,” sebutnya.

Menurut Sherly, dukungan yang dibutuhkan saat ini adalah mengirimkan vote sebanyak mungkin ke penyelenggara melalui SMS dan dikirimkan ke 99386 (API 5C dan kirim ke 99386 ).

“Kami sangat membutuhkan dukungan masyarakat Kabupaten Sikka khususnya dan warga NTT umumnya untuk mengirimkan SMS sebanyak-banyaknya agar Akusikka dapat terpilih menjadi wisata belanja terfavorit,” ujar Sherly.

la mengharapkan dukungan dari pelaku usaha UMKM dan Ekraf Sikka dan masyarakat agar bisa menang dalam perlombaan API tahun 2021.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kualitas UMKM Sikka

Sherly menyatakan, kemenangan dalam pemilihan destinasi belanja adalah kesuksesan bersama dan akan menambah semangat UMKM yang bernaung dalam Akusikka untuk berkereasi dan berpoduksi. Di sisi lain hal ini akan meningkatkan penjualan produk-produk asli Kabupaten Sikka di kancah nasional.

Terpilihnya Akusikka sebagai salah satu nominator membuktikan bahwa produk dari daerah NTT diakui kualitasnya secara nasional. Itu berarti pasar bagi produk lokal di daerah akan terbuka luas.

Pemeritah Kabupaten Sikka sejauh ini dinilai cukup baik mendukung produk lokal daerah. Hal itu dibuktikan dengan menyediakan regulasi yang diperlukan anggota serta melibatkan asosiasi untuk mengikuti ajang promosi melalui beberapa event yang diselenggarakan baik oleh pemerintah kabupaten, provinsi maupun dari tingkat nasional. Termasuk keterlibatan Akusikka pada ajang pemilihan Putra dan Putri Tari yang diselenggarakan di Maumere beberapa waktu lalu.

Sementara Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo kepada media ini mengatakan, sangat gembira atas anugerah yang diraih oleh Akusikka.

“Sebagai pimpinan daerah, saya sangat bergembira atas terpilihnya Akusikka menjadi nominasi wisata belanja nasional,“ ungkap.

"Kita akan terus mendukung aktivitas kelompok UMKM Akusikka, sebab kesusksesan itu merupakan buah dari kerja keras yang telah mereka lakukan selama ini," ucap dia.

Melalui UMKM Akusikka Berbagai jenis produk baik makanan dan souvenir telah dikembangkan dengan sangat baik oleh tangan-tangan terampil warga Nian Sikka telah tembus pasar nasional.

“Saya tahu betul kelompok ini terus berbenah diri, memperbaiki kualitas produk serta kemasannya juga selalu mengikuti setiap kegiatan pameran, sehingga hasil kreatifitas kelompok UMKM ini dikenal luas dan diminati oleh wisatawan,” ucapnya.

Pemerintah akan tetap memberi dukungan melalui bimbingan dan pelatihan, mengikutsertakan kelompok UKM pada event-event besar kabupaten dan provinsi agar bisa muncul kelompok UMKM lainnya.

Lebih dari itu, kata Bupati Robi, pemerintah membuat regulasi guna melindungi produk lokal yang dihasilkan sehingga dapat bertahan dalam persaingan global.

Ia berharap dengan masuk nominasi API Award 2021, UMKM Akusikka bisa menjadi terkenal di mata dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.