Masuki Hari Ketiga, Pencarian Belasan Korban Hilang Tenggelamnya KMP Yunicee Dilanjutkan

Oleh Dewi Divianta pada 02 Jul 2021, 12:13 WIB
Diperbarui 02 Jul 2021, 15:41 WIB
20151220-Ilustrasi Kapal Tenggelam-AFP
Perbesar
Ilustrasi kapal tenggelam (AFP Photo)

Simak video pilihan berikut Ini:

Pencarian korban kapal tenggelam KMP Yunicee sudah memasuki hari ketiga, tetapi masih ada korban hilang yang belum ditemukan. Saat ini, korban hilang bertambah menjadi 18 orang. 

Gede Darmada, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) mengatakan tim gabungan telah melakukan penyisiran di delapan titik, tetapi belum ditemukan korban lainnya.

"Sesuai dengan rencana operasi SAR, ada 13 Alut yang dikerahkan, termasuk searching di udara," kata Gede di Gilimanuk, Jumat (2/7/2021).

Ia menyebut angkutan laut yang digerakkan yakni heli bell Polairud Mabes Polri. Gede menjelaskan pembagian area, yakni kapal-kapal besar ditempatkan di radius jauh, sementara alut yang berukuran lebih kecil mencari di area perkiraan awal kapal tenggelam. 

Sementara itu, dalam pembahasan itu didapatkan jumlah penumpang yang berada di KMP Yunicee sebanyak 76 orang dengan rincian 12 ABK, 4 orang kantin kapal, dan 60 penumpang.

"Hasil perhitungan tersebut didasarkan kepada data manifest yang tercatat dan data korban yang terevakuasi. Total korban meninggal dunia 7 orang, selamat 51 orang, dan masih dalam pencarian 18 orang," ujar dia.

Di tempat berbe‌da, KRI Rigel 933 menemukan titik di dasar laut diperkirakan KMP Yunicee di kedalaman 72 meter hingga 78 meter. Berada di posisi 1,65 mil dari Pelabuhan Gilimanuk. 

"Kami juga berharap bantuan masyarakat sekitar apabila menemukan tanda-tanda keberadaan korban agar segera memberikan laporan, karena langkah tersebut sangat membantu kami," tuturnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya