Sukses

Upaya Mempercepat Terbentuknya 'Herd Immunity' di Banten

Gerai vaksin Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo memvaksin 2.500 masyarakat umum, buruh hingga pegawai di PT Krakatau Bandar Samudera (KBS).

Liputan6.com, Cilegon - Gerai vaksin Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo memvaksin 2.500 masyarakat umum, buruh hingga pegawai di PT Krakatau Bandar Samudera (KBS). Vaksinasi dilakukan pada Selasa-Rabu, 29-30 Juni 2021.

Gerai vaksinasi digelar untuk mempercepat target Presiden Jokowi dalam pelaksanaan vaksinasi, yakni sebanyak 1 juta orang per hari pada bulan Juli, dan 2 juta orang per hari di bulan Agustus 2021. Hal ini untuk mempercepat terciptanya herd immunity atau kekebalan komunitas.

"Vaksinasi dilakukan ke sekitar 2.500 orang, dibagi dua hari. Vaksin diberikan kepada karyawan dan buruh di PT KBS dan perusahaan yang ada di dalamnya. Masyarakat sekitar pelabuhan juga ikut divaksin," kata Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP) Banten, AKP Imam Wahyu, melalui pesan elektroniknya, Selasa (29/06/2021).

Guna menghindari kerumunan dan menjaga vaksinator tidak kelelahan, vaksinasi dibagi tiga gelombang setiap harinya. Dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB.

Pekerja dan masyarakat yang akan divaksin, mendaftar dulu ke PT KBS, selaku anak perusahaan BUMN. Kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan, terutama status negatif Covid-19.

"Para peserta sebelumnya sudah menginput data dan terdaftar oleh PT KBS, sehingga bisa langsung melaksanakan vaksinasi," terangnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Percepat Herd Immunity

Imam berharap dengan vaksinasi massal sekaligus peringatan HUT ke-75 Bhayangkara, bisa mempercepat terbentuknya herd immunity dan menjaga kesehatan masyarakat. Dia meminta, warga tidak termakan hoaks yang berseliweran di media sosial (medsos).

"Kegiatan vaksin Covid-19 diselenggrakan dalam rangka memutus mata rantai penularannya, yang saat ini terjadi kenaikan cukup signifikan di Kota Cilegon," jelasnya.

Berdasarkan data tanggal 28 Juni 2021, kasus positif harian di Banten bertambah 574 orang atau menjadi sebanyak 58.336 kasus positif corona sejak pertama kali menjadi pandemi di Indonesia. Kemudian pasien sembuhnya sebanyak 51.550 orang, masih dalam perawatan berjumlah 5.312 kasus dan 1.474 pasien meninggal dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.