Sukses

Adu Cepat Target 1 Juta Vaksin Covid-19 dan Banjir Hoaks di Banten

Percepatan vaksinasi Covid-19 tengah dikejar oleh berbagai pihak, untuk mencapai target 1 juta vaksin per harinya

Liputan6.com, Serang - Percepatan vaksinasi covid-19 tengah dikejar oleh berbagai pihak, untuk mencapai target 1 juta vaksin per hari. Sejalan dengan itu, merebak hoaks vaksinasi berbahaya bagi tubuh manusia.

"Saya takut, soalnya takut jarum kan. Tapi pemerintah enggak mungkin mencelakakan masyarakatnya, jadi saya ikut divaksin. Ngelawan hoaks itu susah, tapi harus dipikir secara logika," kata Dedi Suhendar (31), ditemui usai vaksinasi di Puskesmas Serang, Kota Serang, Banten, Sabtu (26/06/2021).

Begitpun yang dikatakan oleh Zulkifli, pria berusia 61 tahun, yang ditemui saat mengantarkan keluarganya vaksinasi di Puskesmas Serang. Dia mengaku tidak merasakan apapun usai divaksin. Sehingga masyarakat diminta tidak termakan hoaks.

"Meski sudah di vaksin, tetap pakai masker, prokesnya jangan lupa. Saya sudah divaksin, dua kali, lengkap," ujar Zulkifli, di lokasi yang sama, Sabtu (26/06/2021).

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gotong Royong Suntikkan Vaksin

Sebanyak 10 nakes diterjunkan untuk vaksinasi di Puskesmas Serang. Warga diperiksa dulu kesehatannya dan wajib membawa identitas diri untuk pendaftaran. Total, ada 120 warga yang disuntik vaksin sinovac untuk menciptakan herd immunity.

"Total ada 120 orang yang di vaksin. Vaksinasi kali ini untuk memperingati HUT Bhayangkari ke-75. Ini hasil berkoordinasi dengan Polsek Serang. Mereka yang mencari massanya dan kita yamg memvaksinnya," kata Kepala Puskesmas Serang, drg Yayat Hayati, di lokasi vaksinasi, Sabtu (26/06/2021).

Begitpun di Puskesmas Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten, yang masuk ke dalam wilayah hukum Polres Serang Kota. Sebanyak 120 warga disuntik vaksin oleh 20 nakes.Mereka dibantu oleh enam personil TNI dari Koramil Kramatwatu dan tiga anggota bhayangkari.

Warga yang akan divaksin wajib mendaftarkan diri dan memeriksakan kesehatannya terlebih dahulu.

"Kita di bantu oleh 20 orang Puskesmas Kramatwatu, enam personil Koramil Kramatwatu, dan tiga bhayangkari," kata Kapolsek Kramatwatu, Kompol DP Ambarita, dilokasi, Sabtu (26/06/2021).

3 dari 3 halaman

Vaksin Dan Herd Immunity

Berdasarkan data terbaru yang dibagikan oleh Dinkes Banten, pada Jumat, 25 Juni 2021 kemarin, kasus positif Covid-19 harian bertambah sebanyak 813 kasus.

Daerah terbanyak ada di Kabupaten Lebak, dengan 231 kasus positif, disusul Kota Tangerang 183, Kota Cilegon 134, Kabupaten Tangerang 107, Kota Tangsel 77 kasus, dan Kota Serang 26 kasus. Sedangkan Kabupaten Serang tidak ada penambahan kasus harian positif Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.