Sukses

Titik Terang Kasus Penembakan Wartawan Siantar, Kapolda Sumut: Sudah Ada yang Diamankan

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol ‎RZ Panca Putra Simanjuntak membeberkan titik terang kasus penembakan yang menewaskan salah satu wartawan media online, Mara Salem (Marsal) Harahap.

Liputan6.com, Pematang Siantar Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol ‎RZ Panca Putra Simanjuntak membeberkan titik terang kasus penembakan yang menewaskan salah satu wartawan media online, Mara Salem (Marsal) Harahap.

Jenderal bintang dua itu mengatakan, tim penyidik yang dibentuknya sudah mengamankan terduga pelaku. Hal ini disampaikan Kapolda kepada para wartawan di Markas Satuan Brimob Polda Sumut Batalyon B Kompi - 2, Jalan Ahmad Yani, Kota Pematang Siantar.

"Hasilnya cukup memuaskan. Sampai saat ini, sudah ada yang kita amankan," kata Kapolda, Rabu (23/6/2021).

Namun demikian, Panca enggan membeberkan secara rinci jumlah terduga pelaku penembakan yang diamankan serta statusnya, apakah ditetapkan sebagai tersangka. Ditegaskan Kapolda, sampai saat ini proses penyidik masih berlangsung.

"Untuk penetapan tersangka, itu bagian dari proses penyidikan. Kita sekarang bekerja dengan waktu untuk mengungkap dan menyelesaikan perkara ini," ucapnya.

Kapolda memastikan, tim penyidik bekerja dengan maksimal, dan mendapati hasil maksimal dalam mengungkap peristiwa penembakan yang menewaskan Marsal. Kapolda memastikan pengungkapan akan disampaikan ke publik dalam waktu dekat.

"Mudah-mudahan besok atau lusa info lengkapnya bisa kita sampaikan," ujarnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi Kejadian Tak Jauh dari Rumah Korban

Sebelumnya, penembakan dilakukan oleh Orang Tak Dikenal (OTK) terhadap korbannya, Mara Salem Harahap atau akrab disapa Marsal, menghebohkan warga Huta 7 Pasar 3, Nagori Karang Anyer, Kabupaten Simalungun, Sumut.

Ironisnya, peristiwa yang terjadi pada Sabtu, 19 Juni 2021 dini hari WIB tersebut tidak jauh dari kediaman korban. Marsal merupakan wartawan salah satu media online di Kota Pematang Siantar.

Informasi diperoleh Liputan6.com, korban ditemukan tewas oleh warga dalam kondisi bersimbah darah di dalam mobil, berjarak sekitar 300 meter dari rumahnya. Terdapat luka tembak di bagian paha kiri korban.

Warga langsung membawa korban ke Rumah Sakit (RS) Vita Insani Pematang Siantar. Setiba di rumah sakit, korban dinyatakan meninggal dunia. Humas RS Vita Insani Pematangsiantar, Sutrisno Dalimunthe, mengaku belum mengetahui detail penyebab kematian korban.

"Benar, korban meninggal dunia. Saat dibawa ke rumah sakit sudah meninggal," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Keluarga Korban Minta Polisi Usut Kasus Penembakan

Keluarga korban, Hasanuddin Harahap, selaku abang kandung, meminta pihak kepolisian mengusut kasus penembakan hingga menewaskan Marsal. Jenazah Marsal sempat dibawa ke RS Bhayangkara Polda Sumut, Jalan KH Wahid Hasyim, Kota Medan, untuk keperluan autopsi.

"Kami keluarga minta polisi segera mengusut kejadian ini," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.