Sukses

Rahasia UFO Roswell Disimpan Rapat di Lemari Besi CIA

Headline itu menceritakan seorang peternak yang mengaku menemukan piring terbang di lahannya. Pengakuan itu ia ceritakan kepada pihak militer setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Bayangkan sebuah benda misterius berbentuk bulat mendarat di kebun Anda. Benda itu berukuran besar, sekitar 15 meter. Ketika Anda mendekat ke benda itu, lalu membukanya, ternyata di dalamnya terdapat jasad mirip manusia, dengan tinggi kurang dari semeter.

Jasad tersebut dibungkus dengan kain metalik dengan tekstur halus. Persis seperti seragam pilot pesawat bumi. Mungkin Anda mengira kejadian itu hanya ada di film Hollywood. Nyatanya tidak. Fenomena itu ada. Salah satu agen badan intelijen Amerika Serikat CIA membeberkan informasi itu.

Chase Brandon, nama agen yang telah 35 tahun mengabdi di CIA menyebut, informasi soal Roswell tersembunyi di lemari besi rahasia di kantor pusat CIA di Langley.

Cerita piring terbang itu bermula saat koran Roswell Daily Record membuat headline berjudul "RAAF Captures Flying Saucer On Ranch In Roswell Region" (RAAF Menangkap Piring Terbang di Peternakan di Wilayah Roswell) pada 8 Juli 1947.

Headline itu menceritakan seorang peternak yang mengaku menemukan piring terbang di lahannya. Pengakuan itu ia ceritakan kepada pihak militer setempat. Mayor Angkatan Darat Jesse Marcel bersama para dinas intelijen disebut mengangkut benda asing itu ke markas pusat.

Usai itu, tak terdengar kabar berikutnya. Pihak militer pun mengarang cerita baru untuk menutupi, bahwa benda yang disebut piring terbang itu sebenarnya merupakan balon udara. Cerita itu disampaikan lewat rilis yang diluncurkan tak lama setelah kejadian itu.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesaksian Anak Sang Mayor

Beberapa tahun berselang, anak sang mayor, Jesse Marcel Jr mengaku pernah diperlihatkan potongan "UFO" dari insiden itu oleh ayahnya.

Berupa balok sepanjang 12 sampai 18 inchi. Yang paling tak biasa adalah simbol yang yang tertulis dalam permukaan bagian dalamnya.

"Kupikir awalnya seperti huruf hieroglyph Mesir, tapi saat aku melihat lebih dekat, lebih mirip simbol geometris atau semacamnya -- ini sangat aneh," kata dia seperti dikutip dari Huffington Post, Selasa (9/7/2013).

Sebelumnya, dalam peringatan 65 tahun insiden Roswell, seorang agen Central Intelligence Agency (CIA) buka mulut terkait itu, sekaligus menguak laporan rahasia CIA.

Chase Brandon, nama agen yang telah 35 tahun mengabdi di CIA menyebut, informasi soal Roswell tersembunyi di lemari besi rahasia di kantor pusat CIA di Langley.

Namun, ia tak mau mengungkapkan secara rinci apa yang ada dalam kotak itu. "Itu bukan balon udara, yang benar adalah laporan pertama (soal UFO)," kata Brandon.

"Itu adalah pesawat yang bukan berasal dari planet ini. Juga jasad-jasad yang ada di dalamnya, benar sesuai dugaan," dia menegaskan.

Laporan Pemerintah Amerika Serikat tentang UFO yang telah lama ditunggu-tunggu dirilis pada Jumat 25 Juni 2021. Ditengah kesimpang-siuran informasi perihal pesawat alien dan benda terbang tak dikenal, laporan itu membuat setidaknya satu hal yang jelas: kebenaran masih di luar sana.

Itu artinya, tak diketahui apakah penampakan UFO yang dilaporkan terkait dengan makhluk luar Bumi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.