Sukses

Kena Prank Laporan Kebakaran Palsu, BPBD Empat Lawang Lapor Polisi

BPBD Empat Lawang mendapatkan laporan palsu terkait adanya kebakaran rumah di Kabupaten Empat Lawang Sumsel.

Liputan6.com, Palembang - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan (Sumsel), dibuat geram dengan oknum tak bertanggung jawab yang membuat prank.

Pasalnya, BPBD Empat Lawang langsung menerjunkan petugas dan 2 unit mobil pemadam kebakaran (damkar), usai mendapati laporan adanya kebakaran.

Oknum yang tak bertanggungjawab tersebut, menghubungi petugas BPBD Empat Lawang pada hari Kamis (17/6/2021) sekitar pukul 20.00 WIB.

Petugas BPBD Empat Lawang pun, langsung dikerahkan menuju ke lokasi kebakaran. Dalam laporannya, ada kebakaran rumah di Desa Aur Gading Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Sumsel.

Bahkan, laju kendaraan damkar dengan membunyikan sirene tersebut, menjadi viral di media sosial (medsos).

Kepala BPBD Empat Lawang, Sahrial Podril, melalui Kasi PBK BPBD Empat Lawang Darul Kefni mengatakan, petugas yang diterjunkan sudah sampai di lokasi yang dilaporkan. Namun tidak ada kebakaran sama sekali.

"Dapat kami simpulkan, laporan dari oknum tidak bertanggung jawab itu tidak benar atau informasi palsu," ucapnya, Sabtu (19/6/2021).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telusuri Nomor Penelepon

BPBD Empat Lawang akan melaporkan kasus informasi palsu tersebut, ke aparat kepolisian. Termasuk berkoodinasi dengan PT. Telkom, untuk melacak nomor oknum yang menelepon ke nomor kantor BPBD Empat Lawang.

Darul juga mengimbau, agar masyarakat tidak menyalahgunakan kontak pemadam kebakaran. Dia berharap, jangan sampai ada laporan palsu lagi di kemudian hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.