Kolaborasi Swasta Bikin Vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta Tidak Berkerumun

Oleh Switzy Sabandar pada 17 Jun 2021, 16:30 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 16:30 WIB
Vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta
Perbesar
Pihak swasta yang berkontribusi dalam vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta kali ini adalah Danone Indonesia, Grab Indonesia, dan Good Doctor.

Liputan6.com, Yogyakarta- Di tengah lonjakan kasus Covid-19, Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak tinggal diam. Vaksinasi Covid-19 yang menyasar beragam kalangan masyarakat tetap dilakukan. Seperti vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di GOR Universitas Negeri Yogyakarta pada 15 sampai 18 Juni 2021.

Pemda DIY tidak sendirian, vaksinasi yang ditujukan kepada pelaku wisata, driver ojek online, abdi dalem, serta difabel ini terjadi karena kolaborasi multipihak. Sederet pihak swasta yang berkontribusi dalam vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta kali ini adalah Danone Indonesia, Grab Indonesia, dan Good Doctor.

Menurut Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana, kolaborasi pendekatan teknologi yang diperkuat pelaksanaan opertasional vaksinasi yang efektif dan efisien menjadi kunci kesuksesan program ini.

"Metode ini berhasil mengurangi kerumunan massa dan meminimalkan kasus batal tunda di lokasi vaksinasi," ujarnya, dalam siaran pers, Kamis (17/6/2021).

Masyarakat yang ingin mengikuti vaksinasi Covid-19 bisa mengunduh aplikasi dan mendaftarkan diri serta mengisi sejumlah ketentuan yang terdapat di dalamnya. Masyarakat juga bisa memilih waktu dan tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Bukti pendaftaran bisa ditunjukkan saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menjelaskan selama pandemi Covid-19, Danone di Indonesia telah bekerja sama dengan pemerintah, berbagai lembaga, rumah sakit, maupun organisasi sosial untuk menyalurkan bantuan senilai Rp 56 miliar, termasuk mendukung pemerintah dalam mengakselerasi program vaksinasi di tanah air.

"Danone Indonesia memastikan masyarakat dan tenaga kesehatan tetap terhidrasi selama pelaksanaan vaksin di lebih dari 100 sentra vaksinasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Kami perlu mengapresiasi Pemerintah yang terus berupaya untuk dapat menanggulangi pandemi ini melalui beberapa strategi, salah satunya dengan vaksinasi demi mencapai Indonesia Sehat, Ekonomi Bangkit," ucapnya.

Ia menilai Yogyakarta memiliki tempat tersendiri di hati Danone Indonesia. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan heritage PT Sarihusada, salah satu unit bisnis utama Danoneberdiri dengan dua pabrik yakni di daerah Prambanan dan Yogyakarta.

Sebelumnya Danone Indonesia melalui AQUA juga mendukung kegiatan vaksinasi bagi ribuan lansia yang telah dilakukan bersama UGM, kemudian dengan Siloam Hospitals Yogyakarta dan Lippo Plaza Yogyakarta pada Maret lalu, juga pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para pelaku pariwisata di sentra vaksinasi yang diadakan bersama GoJek dan Halodoc di kawasan Candi Prambanan Yogyakarta pada Mei lalu.

Selama ini Danone juga selalu mengedukasi pelaku usaha sektor informal supaya siap mendapatkan vaksinasi. Sebab, tidak semua orang bersedia mengikuti vaksinasi Covid- 19 sehingga butuh pendampingan.

Sementara, Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengapresiasi peran kolaboratif sektor swasta dalam membantu pendistribusian vaksin.

"Di Yogyakarta, kami bersyukur tidak hanya dapat melindungi para mitra pengemudi lewat pemberian vaksin, tetapi juga dapat turut mempercepat vaksinasi bagi para difabel dan memberikan fasilitas terbaik dalam pusat vaksinasi ini," tuturnya. 

 

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓