Stok Menipis, Pekanbaru Hentikan Pemberian Vaksin Covid-19

Oleh M Syukur pada 17 Jun 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 11:02 WIB
Pemberian vaksin Covid-19 di Pekanbaru oleh petugas medis.
Perbesar
Pemberian vaksin Covid-19 di Pekanbaru oleh petugas medis. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Pemerintah Kota Pekanbaru menghentikan sementara operasional bus vaksin Covid-19 keliling. Pemberian vaksin juga dihentikan di rumah sakit dan puskesmas yang ada di ibu kota Provinsi Riau tersebut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra membenarkan penghentian penyaluran vaksin Covid-19 ini. Penghentian berlaku untuk vaksin dosis pertama.

"Untuk vaksin dosis kedua nantinya tetap dilakukan di rumah sakit dan puskesmas," kata Arnaldo, Rabu siang, 16 Juni 2021.

Arnaldo menyatakan stok vaksin Covid-19 di Pekanbaru menipis. Saat ini, pihaknya hanya punya stok sekitar 800 vial saja.

"Kalau digunakan untuk vaksin dosis pertama, tahap keduanya bisa terkendala," kata Arnaldo.

Arnaldo menyebut sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Riau terkait ketersediaan stok vaksin di Pekanbaru. Pemerintah Riau sendiri juga sudah meminta tambahan vaksin ke Kementerian Kesehatan.

"Kemenkes menyebut Bio Farma belum melakukan pendistribusian," kata Arnaldo.

 

Animo Masyarakat Tinggi

Arnaldo mengatakan, stok vaksin di Pekanbaru menipis karena gencarnya pemerintah melakukan vaksinasi. Apalagi sejak mengerahkan bus vaksin keliling yang langsung datang ke permukiman masyarakat.

"Animo masyarakat tinggi, kalau dulu stok banyak masyarakat enggak mau, sekarang masyarakat mau stok pula yang menipis," jelas Arnaldo.

Arnaldo meminta masyarakat bersabar menjelang ada stok tambahan dari Pemerintah Provinsi Riau. Selanjutnya, bagi masyarakat yang sudah vaksin dosis pertama diminta menunggu sesuai jadwal.

"Setelah beberapa pekan vaksin pertama, nanti datang ke Puskesmas atau rumah sakit, stok vaksin yang ada sekarang untuk dosis kedua," terang Arnaldo.

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓