5 Bulan Program Vaksinasi Covid-19 di Sulut, Bagaimana Realisasinya?

Oleh Yoseph Ikanubun pada 18 Jun 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 18 Jun 2021, 12:00 WIB
Proses vaksinasi di Kampus Unsrat Manado yang menyasar pelayan publik seperti tenaga pendidikan dan kependidikan di Sulut.
Perbesar
Proses vaksinasi di Kampus Unsrat Manado yang menyasar pelayan publik seperti tenaga pendidikan dan kependidikan di Sulut.

Liputan6.com, Manado - Sudah 5 bulan program vaksinasi Covid-19 dijalankan di Sulut sebagai salah satu langkah mengendalikan pandemi. Setelah sebelumnya sempat terkendala pada vaksinasi untuk warga lanjut usia, bagaimana capaian program yang dicanangkan pada Januari 2021 itu?

"Hal yang menggembirakan yang bisa kami laporkan adalah capaian vaksinasi untuk pelayan publik hari ini mencapai 100 persen untuk dosis pertamanya," ungkap Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel, Selasa (15/6/2021).

Dari total 194.979 pelayan publik yang disasar selama tahap II ini telah dijangkau. Walaupun demikian, data sasaran ini bisa saja kemudian berbeda dengan data aktual. Oleh karena itu, program vaksinasi tetap dilaksanakan berkesinambungan.

"Tantangan terberat adalah sasaran kelompok lansia yang sampai hari ini baru bisa menyasar 15 persen dari target," ujar Dandel.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mendekati Tempat Ibadah

Dandel mengatakan, untuk menyikapi kondisi itu, program vaksinasi lansia di Sulut ini telah didekatkan ke lokasi-lokasi berbasis tempat ibadah demi meningkatkan cakupannya. Pencapaian yang juga patut disyukuri adalah tercapainya target 10 ribu suntikan per hari, atau tepatnya 10.157 suntikan.

"Target ini memang dicanangkan untuk menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Sulut," katanya.

Setelah sebelumnya menyasar tenaga kesehatan, pelayan publik, dan lansia, sasaran selanjutnya adalah masyarakat umum. Bila tidak mencapai 10 ribu suntikan per hari, maka timeline target selesainya vaksinasi bisa bergeser dari akhir tahun 2021 menjadi pertengahan 2022.

"Diharapkan pencapaian vaksinasi ini akan mampu dipertahankan sampai selesainya program vaksinasi Covid-19 ini di Sulut," Dandel memungkasi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak juga video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓