Sukses

Sinergi Membangun Kampung Tangguh Bebas Narkoba di Jatim

Koordinasi kegiatan ini telah dilaksanakan selama 1 bulan penuh guna membahas tentang pencegahan narkoba terhadap warga binaan di lapas.

Liputan6.com, Surabaya - Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Timur (Timur) bergerak cepat menindaklanjuti instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terkait pembentukan Kampung Tangguh Narkoba. Komitmen pemberantasan narkoba ini dilakukan dengan melibatkan stakeholder terkait dengan bidangnya, salah satunya lembaga pemasyarakatan (lapas).

"Kami tengah mempersiapan Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) dengan melibatkan seluruh Lapas di Jatim dengan seluruh kasat narkoba di polres. Kegiatan ini telah dilaksanakan atas perintah Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan atas dukungan Dirjen PAS Kementerian Hukum dan HAM Irjen Pol Reinhard Silitonga," ujar Direktur Reserse Narkoba Polda Jatim Kombes Pol Hanny Hidayanarkobat dalam keterangannya, Selasa (15/6/2021).

Menurut dia, koordinasi kegiatan ini telah dilaksanakan selama 1 bulan penuh guna membahas tentang pencegahan narkoba terhadap warga binaan di lapas. Dia berharap agar tidak ada ego sektoral dalam mencapai kesamaan persepsi menuju indonesia Zero Narkoba.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membangun sinergitas, sebagai aparat negara seyogyanya kita memiliki satu visi terutama dalam rangka komitmen bersama untuk melakukan pemberantasan narkoba," ungkapnya.

Hanny mengungkapkan, tugas pemberantasan narkoba bukan hanya penindakan tapi juga pencegahan dengan melibatkan stakeholder terkait. Dia yakin dengan komunikasi serta koordinasi yang baik pemberantasan dan pencegahan narkoba dapat terlaksana dengan baik.

"Harapannya Jatim bisa zero narkoba, ribuan anak bangsa dapat terselamatkan, pemulihan Ekonomi Nasional suatu daerah dapat berjalan dengan baik menuju indonesia bebas narkoba,” katanya.

Hanny menambahkan, giat silaturahmi dan koordinasi ini didasari pengungkapan kasus narkoba yang diungkap Polda Jatim bekerjasama Tim Satgas Merah Putih Mabes Polri beberapa waktu lalu. Dimana tim gabungan berhasil mengungkap kasus narkoba  jaringan internasional dengan barang bukti 1,2 ton sabu yang dikendalikan warga binaan di Lapas Kembang Kuning Nusakambangan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.