Sukses

Sandiaga Ajukan Maros Pangkep Geopark ke Unesco  

Sandiaga menyebut bahwa Maros Pangkep dapat mengikuti kesuksesan Belitung yang mendapat UNESCO Global Geopark.

Liputan6.com, Pangkep - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mendukung pengajuan destinasi wisata Maros Pangkep bergabung dengan UNESCO Global Geopark. Hal itu ia sampaikan saat kunjungan kerja ke Pusat Informasi Geologi Geopark Maros - Pangkep di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan

"Saya hari ini memberikan dukungan penuh terhadap Maros Pangkep Geopark, yang kita ajukan sebagai UNESCO Global Geopark," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Jumat (18/6/2021).

Sandiaga menyebut bahwa Maros Pangkep dapat mengikuti kesuksesan Belitung yang mendapat UNESCO Global Geopark. Hal ini lantaran Geopark Maros Pangkep dinilai telah memenuhi syarat untuk masuk dalam global geopark.

"Sehingga dapat meningkatkan daya tarik wisata, terutama dari segi kelestarian alam dan lingkungan, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, mengangkat kearifan lokal. Serta menjadikan Kabupaten Pangkep mengalami pertumbuhan ekonomi lebih baik sehingga bisa mensejahterakan masyarakatnya," kata Sandiaga.

Bukan hanya itu, Sandiaga menyebut bahwa banyak produk ekonomi kreatif dan pariwisata di Pangkep yang amat potensial untuk dikembangkan ke depannya.

"Produk ekonomi kreatif di Pangkep baik berbasis kuliner, kriya, fashion, ini bisa sangat diunggulkan. Saya sudah cicipi, dan saya yakini lebih baik daripada salad-salad yang pernah saya makan, yaitu Pangkep Pamelo Salad. Jeruk Bali yang sering disebut sebenarnya adalah jeruk besar Pangkep," tutur Sandiaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan DAK

Kemenparekraf akan menghadirkan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu. Kata Sandiaga, pihaknya sudah siapkan DAK baik fisik dan non fisik untuk Pangkep dan akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten.

"Banyak PR memang. Kita berkoordinasi dengan Kementerian terkait, apa kekurangannya kita list. Kita ingin Maros Pangkep ini menjadi geopark global yang langsung bisa mendapatkan sertifikasi seperti Belitung yang mendapat nilai tinggi. Kita sudah melihat infrastruktur apa yang perlu kita hadirkan disini," tutup Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.