Sukses

Hawa Panas Selimuti Sumsel Meski Suhu Udara Masih Normal, Ternyata Ini Penyebabnya

Warga di Sumatera Selatan mengeluhkan hawa panas yang menyelimuti wilayah mereka.

Liputan6.com, Palembang - Warga di Sumatera Selatan mengeluhkan hawa panas yang menyelimuti wilayah mereka. Padahal suhu udara di wilayah itu masih di ambang batas normal, yaitu berkisar 25 sampai 33 derajat Celsius.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II, Indra, Senin (14/6/2021)  mengatakan, hawa panas terbentuk lantaran kawasan ini diselimuti awan yang tidak menjadi hujan.

Hamparan awan itu membuat sinar matahari yang dipancarkan ke bumi kemudian dipantulkan lagi ke udara seakan-akan terkurung sehingga suhu udara terasa panas.

"Itulah mengapa dalam beberapa hari ini udara benar-benar terasa panas," katanya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Kebakaran Hutan

Sumatera Selatan telah menetapkan status darurat kebakaran hutan dan lahan sejak Maret 2021.

Guna meminimalkan potensi kebakaran hutan dan lahan, menurut dia, pemerintah menerapkan teknologi modifikasi cuaca untuk memicu hujan turun mulai dari 10 hingga 25 Juni 2021.

Wilayah Sumatera Selatan diprakirakan memasuki puncak musim kemarau Agustus hingga Oktober 2021.

Indra mengatakan bahwa pada tahun 2020 wilayah Sumatera Selatan mengalami musim kemarau basah sehingga meski kebakaran hutan dan lahan masih terjadi asapnya tidak sampai menimbulkan gangguan signifikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.