Sukses

Promosikan Desa Wisata di NTB, Menparekraf Gandeng Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Menparekraf Sandiaga Uno menggandeng Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, untuk mempromosikan Desa Wisata Maria di Kabupaten Bima NTB.

Liputan6.com, Bima - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, menggandeng Youtuber ternama di Indonesia untuk mempromosikan daerah potensi wisata di Indonesia.

Youtuber yang dilirik Sandiaga Uno tersebut, yaitu sepasang suami istri Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.

Mereka ditunjuk untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif, yang ada di Desa Wisata Maria di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Maria Kabupaten Bima, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, keberadaan Desa Wisata Maria akan mampu memberikan multiplier effect yang besar, bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Bima.

“Ini yang kita dorong. Saya juga menginstruksikan kepada jajaran Kemenparekraf, untuk memberikan pendampingan terkait homestay dan perlengkapan kebersihan di sini,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu (13/6/2021).

Menurutnya, Desa Wisata Maria Wawo dipilih dalam kegiatan sosialisasi tersebut, karena kawasan tersebut terkenal dengan wisata adat budayanya.

Seperti Uma Lengge, lanjut Menparekraf Sandiaga Uno, yang merupakan bangunan tradisional Suku Mbojo, yang mendiami wilayah yang kini masuk dalam Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uma Lengge

Uma Lengge berbentuk kerucut di bagian atap. Pada zaman dulu, Uma Lengge digunakan sebagai tempat tinggal oleh masyarakat Wawo dan sebagian digunakan juga sebagai lumbung padi.

Selain itu juga, ada atraksi budaya lainya seperti tari sambutan adat Makatua, Tari Wura Bongi Monca, Kareku Kandei (menumbuk padi dengan bunyi berirama), Tari Mpa’a Ntumbu Tuta.

“Daya tarik wisata budaya Uma Lengge sangat langka. Bernilai sejarah tinggi, karena merupakan situs warisan budaya dari para leluhur suku Mbojo. Yang mana, memiliki nilai sejarah dan keunikan tinggi dalam industri pariwisata,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Dukung Tourism Indonesia

Sementara itu, Youtuber Atta Halilintar mengaku kagum dengan keindahan alam dan budaya di Bima NTB. Ia mengajak para pengikutnya di media sosial (medsos), untuk mendukung dan mempromosikan potensi pariwisata lain yang ada di Indonesia.

“Ayo dukung Tourism Indonesia. Semoga pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, khususnya Bima segera bangkit dan pulih. Bismillah,” ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.