Sukses

Sandiaga Uno Ajak Kabupaten Kota Bima dan Dompu Bangun 3 Desa Wisata

Diharapkan akan membawa multiplayer efek seperti membuka lapangan pekerjaan.

Liputan6.com, Dompu - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno mengajak tiga desa di Kabupaten Dompu untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata 2021 agar bisa membangkitkan perekonomian warga.

Sandiaga Uno menyampaikan hal tersebut saat berkunjung ke Rumah Adat Uma Lengge Wawo, Desa Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/6/2021).

"Saya hadir disini untuk memberikan apresiasi desa wisata Maria menjadi simbol Indonesia bangkit. Dan saya harapkan ini akan membawa multiplayer efek seperti membuka lapangan pekerjaan, mempromosikan desa wisata, menggerakkan ekonomi, dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bima dan sekitarnya," ujar Sandiaga Uno.

Ia menyebutkan harapannya agar tiga kategori yang belum ada disini, seperti kategori Desa Homestay, Desa Digital, Desa Konten Kreatif dapat segera diadakan.

"Untuk Konten Kreatif saya tugaskan Atta dan Aurel untuk membantu, desa homestay saya tugaskan mas Rudi Mbojo, untuk Desa Digital saya tugaskan diri saya sendiri agar desa disini memiliki sinyal internet yang kuat, tidak lemot," tambah Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menugaskan untuk wilayah Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima ikut dalam 30 desa wisata dalam anugerah desa wisata 2021 di halaman official Kemenparekraf sampai 16 Juli 2021.

"Masing-masing boleh 20, 5, atau 10. Tapi totalnya 30, karena hadiahnya Miliaran rupiah. Saya harap dengan ini bisa bergerak kembali ekonomi kita, dan kategori - kategori desa yang tadi harap dilengkapi," kata Sandiaga Uno.

Nampak ada beberapa sampah yang belum dibuang pada tempatnya. Sandiaga Uno langsung instruksikan ada tong sampah di lokasi objek wisata tersebut. Hal ini merupakan bagian kategori CHSE. "Gak pakai lama, gak pakai ribet, ruwet, dan mumet, langsung kita adakan tong sampah ini," tuturnya.

"Kami juga akan meremajakan bangunan wisata yang sudah mulai lapuk untuk dilakukan restorasi. Saya berkoordinasi dengan Bupati dan Kementerian PU dan Pera. Karena Uma Lengge ini punya nilai budaya dan kearifan lokal. Harapannya bisa langsung tereksekusi sebagai bagian dari revitalisasi desa wisata," ungkap Sandiaga Uno.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Restorasi Bangunan Wisata Bersejarah

Tak lepas dari restorasi bangunan wisata bersejarah, Sandiaga Uno juga memastikan perhelatan ajang balap motor berskala internasional di Sirkuit Mandalika dapat meningkatkan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di NTB.

"World Superbike pada 14 November 2021 akan digelar di Mandalika. Oleh karena itu saya diberikan tugas untuk menghadirkan pola perjalanan untuk meningkatkan kualitas kunjungan dan lama kunjungan sekaligus memberikan kesempatan kepada para penonton dan pengunjung Superbike untuk mengunjungi daerah lain seperti di Bima. Jadi ini yang akan kita lakukan secara kongkrit, pola-pola paket wisata ini akan kita luncurkan menuju November," jelas Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno kemudian menutup kunjungannya di dengan pantun.

Pergi nonton bioskop bareng si diaSampai Bioskop malah ketemu mantan terindahYuk buruan daftar anugerah desa wisata IndonesiaBiar dapat hadiah miliaran rupiah

Sungguh beragam budaya di BimaPenduduknya ramah dan baik hatiBersama kita giatkan promosi wisataWisatawan pun pasti insyaallah akan datang kesini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.