Sukses

Polres Selidiki Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap, Benarkah Sambaran Petir?

Tim Labfor memeriksa rekaman kamera pengintai (CCTV) untuk mengetahui kejadian per jamnya.

Liputan6.com, Cilacap - Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, telah memeriksa enam orang saksi terkait kebakaran di area pertangkian 39 Kilang Pertamina Refinery Unit IV Cilacap.

"Kami telah memeriksa enam orang saksi, baik itu dari sekuriti yang di lingkungan luar, masyarakat, juga instansi samping yang mengetahui kejadian tersebut, itu sudah kami mintai keterangan dan masih akan berlanjut," kata Kepala Polres Cilacap AKBP Leganek Mawardi di Head Office Pertamina RU IV Cilacap, Minggu, dikutip Antara.

 

Menurut dia, Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Kepolisian Daerah Jawa Tengah pada hari Sabtu (12/6) juga telah tiba di Pertamina RU IV Cilacap namun masih fokus pada bukti digital forensik karena api baru padam pada hari Minggu (13/6).

Dalam hal ini, kata dia, Tim Labfor memeriksa rekaman kamera pengintai (CCTV) untuk mengetahui kejadian per jamnya.

"Hasil pemeriksaan saksi, nanti kalau sudah fokus akan kami sampaikan. Namun saat ini masih kami ambil bagian-bagian yang berkaitan dengan kejadian itu," katanya.

Kebakaran di area pertangkian 39 Pertamina RU IV Cilacap terjadi pada hari Jumat (11/6), pukul 19.45 WIB, di bundwill tangki 39T-205 dan berhasil dikendalikan kurang lebih satu jam setelah kejadian atau sekitar pukul 20.40 WIB.

Akan tetapi saat dilakukan upaya pendinginan terhadap tangki 39T-205, muncul satu titik api di pipa outlet tangki 39T-203 yang akhirnya dapat dipadamkan pada hari Minggu (13/6), pukul 10.50 WIB.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Sambaran Petir

Kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, Jumat malam (11/6/2021), sekitar pukul 20.00 WIB.

Informasi yang dihimpun, kebakaran di kawasan Kilang Pertamina Cilacap itu terjadi di tangki 39 Paraxyline Pertamina Refenery Unit (RU) 4 Cilacap.

"Benar," kata Humas Basarnas Cilacap, Saeful Anwar, melalui pesan elektronik, Jumat malam.

"Penyebab sementara belum tau. Posisi masih hujan deras," ujar dia.

Perihal penyebab kebakaran di Kilang Pertamina Cilacap, belum ada keterangan resmi otoritas terkait. Dugaan sementara, kebakaran dipicu sambaran petir. Pasalnya, hujan lebat memang mengguyur sejumlah wilayah di Cilacap dan Banyumas pada Jumat sore dan malam.

"Izin melaporkan dari lokasi kebakaran di area Kilang Pertamina RU IV Cilacap utk kondisi saat ini api sudah berhasil diatasi dan semoga segera padam total. Untuk lokasi saat ini hujan deras," kata Kepala Kantor Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya, melalui pesan elektronik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.