Unggah Swafoto di Daerah Wisata Pelosok Jawa Tengah ke Media Sosial Kian Lancar, Kok Bisa?

Oleh Switzy Sabandar pada 13 Jun 2021, 16:29 WIB
Diperbarui 13 Jun 2021, 16:34 WIB
XL Axiata di Jawa Tengah
Perbesar
Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeliharaan perangkat BTS yang berada di lereng gunung Sumbing, Dusun Marongan, Sukomakmur, tidak jauh dari obyek wisata Nepal van Java, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah

Liputan6.com, Semarang- Wisata di Magelang, Temanggung, dan Wonosobo Jawa Tengah kian menggeliat. XL Axiata tidak ketinggalan mendukung kebangkitan industri wisata Jawa Tengah.

Caranya, melalui penyediaan jaringan telekomunikasi dan data yang memadai di kawasan itu. Terlebih, wisata di area tersebut populer dan memiliki reputasi nasional, bahkan internasional, seperti Candi Borobudur dan Dieng.

Saat ini XL Axiata mengoperasikan sekitar 450 BTS 3G dan 4G yang tersebar di area Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

“Bagian dari ekosistem wisata Jawa Tengah yang kuat adalah ketersediaan jaringan data yang juga kuat, maka kami memastikan kesiapan jaringan kami,” ujar Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit, dalam siaran persnya, Minggu (13/6/2021).

Di Jawa Tengah, jaringan 4G XL Axiata sudah menjangkau desa-desa pelosok yang berada di kaki-kaki gunung yang kini menjadi destinasi wisata populer, antara lain di desa Butuh yang kini terkenal sebagai Nepal van Java, Desa Selo yang berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu, juga Gardu Pandang Ketep Pass.

Jaringan XL Axiata telah menjangkau 98 persen dari total 59 kecamatan yang ada di seluruh wilayah Kota dan Kabupaten Magelang, Temanggung, serta Wonosobo yang melayani total hampir 500.000 pelanggan.

“Program fiberisasi jaringan juga terus dilakukan ke semua BTS yang ada guna meningkatkan kapasitas jaringan agar kualitas data menjadi maksimal dan dalam beberapa tahun terakhir ini, perusahaan juga terus melakukan perluasan ke area-area yang belum terjangkau layanan seluler,” ucapnya.

 Menurut Bambang, dalam periode dua tahun terakhir, secara rata-rata trafik data meningkat hingga 340 persen di kawasan Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Pertumbuhan tertinggi berada di Magelang.

Dalam rentang waktu yang sama, terdapat kenaikan pelanggan hingga 196 persen dengan kenaikan tertinggi juga berada di Magelang.

“Peningkatan trafik dan pelanggan yang signifikan tersebut memperlihatkan bahwa kawasan ini sangat potensial,” tuturnya.

Ia menilai masyarakat semakin tergantung dengan internet dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan sekitar 88 persen desa di Temanggung dan Wonosobo telah menggunakan layanan 4G.

XL Axiata juga terus melakukan peningkatan kualitas jaringan untuk beberapa kawasan destinasi wisata baru berhawa sejuk di lereng Gunung Sumbing, seperti Kajoran dan Kaliangkrik yang masuk wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓