Sukses

Mengenang Helmud Hontong, Wabup Sangihe yang Dicintai Warganya

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana mengatakan, Sangihe telah kehilangan figur pemimpin atas wafatnya Wabup Helmud Hontong atau yang akrab disapa Embo Helmud.

Liputan6.com, Tahuna - Wafatnya Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong membuat duka cita mendalam bagi warga di perbatasan RI-Filipina tersebut. Helmud dinyatakan meninggal dunia oleh tim dokter kurang lebih pukul 16.20 Wita, Rabu (9/6/2021), saat pesawat yang ditumpanginya transit di Bandara Hasanuddin Makassar, dalam perjalanan dari Bali ke Manado.

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana mengatakan, Sangihe telah kehilangan figur pemimpin.

"Kita di Pemerintah Daerah tentu saja kehilangan teman dalam penyelenggaraan pemerintahan," ungkapnya saat ditemui di rumah duka kediaman Wakil Bupati Kepulauan Sangihe.

Bupati menginstruksikan memasang bendera setengah tiang sebagai penghormatan atas dedikasinya dalam pembangunan daerah Kepulauan Sangihe.

"Saya perintahkan untuk memasang bendera setengah tiang selama satu minggu sebagai bentuk duka kita bersama," kata Gaghana.

Wabup dikenal sebagai sosok sederhana oleh masyarakat Sangihe. Dia akrab disapa Embo Helmud. Embo dalam dialek lokal merupakan sebutan untuk anak bungsu. Embo Helmud adalah politikus yang dibesarkan dalam Partai Golkar. Kariernya mulai menanjak sebagai anggota legislatif, hingga akhirnya memenangkan Pilkada Sangihe 2017 bersama Jabes Gaghana.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.