Sukses

Menikmati Kemegahan Masjid 99 Kubah, Desain Apik Ridwan Kamil di Titik Tengah Indonesia

Masjid 99 Kubah dibangun di atas lahan uruk alias reklamasi. Nama kawasannya, Centre Poin of Indonesia (CPI), sebuah tempat yang diklaim sebagai titik tengah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pantai Losari, berlokasi di tepi barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan tak henti jadi primadona warga untuk menikmati sepoi angin laut sembari menikmati keindahan alam. Mengunjungi tempat itu tak lengkap rasanya bila tak singgah di Masjid 99 Kubah.

Masjid 99 Kubah ini punya pesona tersendiri. Sesuai namanya, masjid berukuran 72 x 45 meter itu mempunyai 99 kubah yang bakal menyita perhatian mata setiap pengunjung. Masjid itu mampu menampung 13.075 jemaah.

Masjid 99 Kubah dibagi menjadi tiga area, yaitu ruang salat utama dengan kapasitas 3.880 jemaah. Ruang mezzanine dengan kapasitas 1.005 jemaah, dan area pelataran suci yang dapat menampung sekitar 8.190 jemaah.

Mengenai jumlah kubah yang cukup banyak itu, konon merujuk pada 99 nama Allah atau Asmaul Husna. Diketahui, Asmaul Husna ini merupakan nama-nama yang mencerminkan sifat-sifat Allah.

Masjid 99 Kubah dibangun di atas lahan uruk alias reklamasi. Nama kawasannya Centre Poin of Indonesia (CPI), sebuah tempat yang diklaim sebagai titik tengah Indonesia.

Masjid ini didesain oleh Ridwan Kamil. Proses pembangunannya dimulai pada Kamis, 1 Juni 2017 silam yang ditandai dengan suara sirene yang dibunyikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan saat itu, Syahrul Yasin Limpo.

Masjid ini dibangun menggunakan dengan dana sebesar Rp160 miliar yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) provinsi setempat.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.