Sukses

Bone Bolango Bakal Punya Posyandu Kucing Peliharaan

Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) berencana menyiapkan dan mendirikan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk kucing.

Liputan6.com, Gorontalo - Kabar gembira bagi para pecinta kucing yang ada di Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo. Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) berencana menyiapkan dan mendirikan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk kucing.

Rencananya posyandu ini akan dibangun akhir tahun 2021, yang akan didirikan di empat Kecamatan yakni Bulango Timur, Bulango Selatan, Tilongkabila, dan Kabila.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bonebol, Roswaty Agus mengatakan, posyandu kucing ini diperlukan mengingat semakin banyak masyarakat yang memelihara kucing.

"Oleh karena itu, Insya Allah kami akan merencanakan pelayanan posyandu kucing bagi masyarakat Bone Bolango yang pecinta kucing," kata Roswaty.

Ia menuturkan, posyandu kucing ini didirikan agar kucing yang ada di Bonebol sendiri bisa terpantau kesehatanya dengan baik. Pelayanan di posyandu kucing juga beragam, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga vaksinasi anti-rabies.

"Nantinya akan ada dokter yang bekerja sama dengan Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Peternakan yang akan melakukan pelayanan pemeriksaan terhadap kucing tersebut," tutur Roswaty.

Roswaty mengungkapkan, pelaksanaan posyandu kucing ini merupakan program dari Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bonebol. Jadi, bisa memudahkan dalam kontrol dan vaksinasi rutin.

"Normatifnya pelaksanaan vaksinasi ini harus dilakukan 2 kali dalam jangka waktu setahun. Nah, dengan posyandu ini mudah-mudahan akan maksimal," ungkap Roswaty.

Selain posyandu kucing, tambah Roswaty Agus, pihaknya juga akan melaksanakan vaksinasi dan pelayanan kesehatan hewan sapi dan burung.

"Bukan hanya vaksin rabies yang menjadi fokus kita, akan tetapi juga vaksin antraks bagi sapi dan vaksin AI bagi burung, serta pelayanan kesehatan hewan lainnya," ia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.