Sukses

Sandiaga Uno: Desa Wisata Denai Lama Menginspirasi Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, dan Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, mengunjungi salah satu destinasi wisata di Sumut, yakni Agrowisata Paloh Naga.

Liputan6.com, Deli Serdang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, dan Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, mengunjungi salah satu destinasi wisata di Sumut, yakni Agrowisata Paloh Naga.

Berlokasi di Desa Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka meninjau kesiapan desa tersebut mengikuti Anugerah Desa Wisata 2021.

Menaiki odong-odong, Sandiaga Uno dan Gubernur Edy serta rombongan mendatangi lokasi agrowisata. Kedatangan mereka disambut riuh masyarakat yang sudah menunggu di lokasi acara.

Tepat di depan pintu masuk, rombongan diberikan topi tani, dan langsung dipakai. Topi tani sebagai simbol, karena wisata yang dikunjungi dominan dengan hamparan sawah membentang luas.

Dengan diiringi musik gamelan, Sandiaga bersama rombongan menuju panggung utama, untuk menyaksikan pertunjukan kesenian daerah. Sandiaga mengatakan, Desa Wisata Denai Lama hadir sebagai desa wisata yang menjadi penggerak ekonomi di bidang wisata.

"Desa wisata kami dukung untuk meningkatkan keterampilan masyarakat. Fokus di sini wisata edukasi, karena di sini ada kafe baca, setiap minggunya selalu ada menyuguhkan kearifan lokal. Harapannya sama-sama kita bergandengan tangan untuk mendukung keberadaan tempat ini," kata Sandiaga, Rabu (9/6/2021).

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Agrowisata Paloh Naga Unik

Diungkapkan Sandiaga, Agrowisata Paloh Naga memang unik. Meskipun nilai transaksi menggunakan kepeng masih belum signifikan dalam industri pariwisata. Namun, semangat menjadikan desa wisata ini memiliki keunikan dan tumbuh berkembang merupakan prestasi tersendiri.

Sandiaga juga berharap agar Desa Wisata Denai Lama dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk bangkit di masa pandemi Covid-19. Dikatakannya, di Danau Toba juga ada sebuah desa yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata.

"Sedang kita lakukan pendataan," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Pariwisata Tulang Punggung Ekonomi

Gubernur Edy menuturkan, bahwa pariwisata harus bisa menjadi tulang punggung ekonomi di daerah. Di kota-kota besar di dunia, mayoritas Produk Domestik Bruto (PDB) berasal dari sektor pariwisata.

"Hingga pada akhirnya sektor pariwisata menjadi tulang punggung perekonomian penduduk di daerah," sebutnya.

Edy juga mengatakan, Desa Wisata Denai Lama punya potensi yang sangat menjanjikan. Sebagai kepala daerah, Gubernur Edy mendukung penuh. Dibutuhkan peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan.

"Seperti ketersediaan kamar mandi yang bersih," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Ucapan Terima Kasih

Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan arahan Menparekraf Sandiaga Uno serta dukungan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, di Deli Serdang, sehingga bisa memanfaatkan dengan benar potensi wisata yang ada.

"Sehingga kami bisa menyejahterakan warga di Deli Serdang," ujarnya.

Untuk diketahui, Anugerah Desa Wisata 2021 diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.