Sukses

Benahi Kepengurusan, PDI Perjuangan Sumsel Targetkan 1 Juta Suara di Pemilu 2024

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel M Giri Ramanda N Kiemas mengatakan, saat ini kondisi kepengurusan di tingkat anak ranting belum optimal 100 persen.

Liputan6.com, Palembang - Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar di tahun 2024 mendatang, dipersiapkan secara matang oleh para kader PDI-Perjuangan, termasuk PDI Perjuangan Sumatera Selatan (Sumsel).

Jelang Pemilu 2024, PDI-Perjuangan Sumsel fokus memperkuat infrastruktur organisasi, hingga ke tingkatan anak ranting di akar rumput.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel M Giri Ramanda N Kiemas mengatakan, saat ini kondisi kepengurusan di tingkat anak ranting belum optimal 100 persen. Masih banyak anak ranting yang baru bisa memenuhi syarat minimal pembentukan kepengurusan.

Kurang optimalnya kepengurusan di anak ranting tersebut akan berpengaruh kepada target-target besar yang sudah ditetapkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan. Namun dia yakin, PDI-Perjuangan Sumsel mampu meraup 1 juta suara, saat Pemilu 2024 mendatang.

PDI Perjuangan saat ini tengah mengevaluasi kekuatan di tingkat akar rumput agar dapat menyerap aspirasi dan bekerja untuk rakyat lebih optimal.

"Di beberapa daerah, masih ada anak ranting yang baru bisa memenuhi syarat minimal kepengurusan. Ini belum optimal. Harapan saya, DPC bisa menyelesaikan konsolidasi organisasi pada akhir 2021 ini hingga bisa benar-benar 100 persen," ujarnya.

Dia masih menemukan fenomena kepengurusan yang terkesan 'memaksa' di tingkat ranting dan anak ranting. Seperti pengurus terdata sembilan orang. Namun hanya lima orang yang aktif.

Menurutnya, baru ada 89.000 orang yang aktif. Harusnya ada 102.000 orang pengurus PDI Perjuangan di Sumsel mulai dari anak ranting, ranting, PAC, DPC, badan sayap, saksi, hingga DPD.

“Kalau optimal, inilah infrastruktur organisasi kita. Kalau ini selesai, tinggal bagaimana bisa menyelesaikan target konsolidasi organisasi dan kaderisasi partai," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Pemilu 2024

PDI Perjuangan Sumsel juga akan fokus pada kaderisasi partai. Target 10.000- 30.000 orang pengurus, sudah mengikuti kaserisasi level pratama.

Lalu, 3.000 pengurus sudah harus mengikuti kaderisasi jenjang madya. Sejumlah rencana tersebut, ujar Giri, untuk mencapai target besar pada Pemilu 2024 mendatang.

"Bapilu sudah menargetkan satu juta suara. Pilkada 2019 kemarin kita meraih 580.000 suara untuk DPR RI, dan 670.000 suara untuk DPRD provinsi,” ungkapnya.

“Target kita naikkan jadi satu juta suara. Semoga di 2024 mendatang, sengan adanya penyederhanaan sistem pemilu, memudahkan kita untuk memberikan pengertian kepada pemilih, untuk memilih PDIP semua," katanya.

Ditambahkan Ketua DPP PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning, evaluasi kekuatan memang menjadi perhatian besar pada Rakernas kali ini.

3 dari 3 halaman

Program Pro Rakyat

Kader di tingkat anak ranting harus mampu berkonsolidasi dan membumikan program-program pro rakyat, yang digaungkan oleh PDI Perjuangan.

"Tugas DPD di rakerda itu menerima laporan DPC apa adamya. Jangan diatur, jangan dibuat untuk 'asal ibu-bapak senang'. Kita harus tahu betul kondisi di lapangan sehingga bisa dievaluasi dan diperkuat melalui konsolidasi," katanya.

Dirinya berharap DPD PDI Perjuangan Sumsel bisa mengumpulkan laporan DPC yang apa adanya, sehingga kekuatan di akar rumput di desa bisa dipetakan.

"Saya percayakan penuh kepada DPD untuk mengumpulkan laporan DPC yang dibawa ke Rakernas nanti, jadi masukan yang berharga bagi kami. Saya yakin 'wong kito' gamblang-gamblang' orangnya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.