Sukses

Tentara Amerika Bakal Mengudara di Langit Pekanbaru, Ada Apa?

Dilaksanakan saat pandemi Covid-19, angkatan udara Amerika menerapkan protokol kesehatan ketat, begitu juga dengan prajurit angkatan udara di Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - Indonesia dengan Amerika bakal latihan perang bersama pada 14 hingga 24 Juni 2021 di Provinsi Riau. Tentara dari Negeri Paman Sam itu sudah mendarat menggunakan Pesawat United States Air Force (USAF) di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Dilaksanakan saat pandemi Covid-19, angkatan udara Amerika menerapkan protokol kesehatan ketat, begitu juga dengan prajurit angkatan udara di Riau. Prajurit Amerika menjalani prosedur isolasi untuk mendeteksi virus corona.

Menurut Kepala Dinas Operasional Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Kolonel Pnb Andi Safarul Akbar, prajurit Amerika bakal diisolasi terlebih dahulu selama lima hari.

"Betul ada kegiatan di Lanud, nanti informasi dari Kapen (Kepala penerangan Lanud Roesmin)," kata Andi di Pekanbaru, Senin petang, 7 Juni 2021.

Sementara itu, Kapen Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Letnan Kolonel Sus Zukri menjelaskan, pesawat angkut militer dari Amerika jenis C-17 Globemaster tiba dalam exercises atau latihan bersama. Kegiatan ini bersandikan Cope West 2021.

Zukri mengatakan, dukungan pesawat berbadan lebar itu untuk membawa ground crew (kru darat) bersama teknisi serta peralatan pendukung lainnya dari Skadron F-16 US Air Force.

"Saat ini proses persiapan latihan bersama sedang dilakukan, 10 hari latihan untuk meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara," jelas Zukri.

Zukri menyatakan, pandemi Covid-19 membuat latihan gabungan ini harus steril. Lanud Roesmin terpilih sebagai lokasi latihan karena telah memenuhi syarat.

"Sebelumnya di Manado, baru kali ini dilaksanakan di Lanud Roesmin Nurjadin karena memenuhi syarat," kata Zukri.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.