Saat Pelabuhan Cirebon Jadi Destinasi Wisata 'Heritage'

Oleh Panji Prayitno pada 05 Jun 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 05 Jun 2021, 18:00 WIB
Saat Pelabuhan Cirebon Jadi Wisata Heritage
Perbesar
Salah satu kawasan di Pelabuhan Cirebon ini akan disulap menjadi wisata heritage. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Cirebon - Upaya mengembangkan sektor wisata baru di Kota Cirebon terus dilakukan. Salah satunya pengembangan wisata heritage di kawasan Pelabuhan Cirebon.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Cirebon, Wismantono mengatakan, sebagian kawasan di Pelabuhan Cirebon akan dijadikan lokasi wisata heritage.

"Pengembangannya ada dua yang pertama dari kegiatan eksisting yang sudah berjalan seperti bongkar muat batu bara. Yang kedua cari potensi lain seperti wisata heritage dan kami mendukung dan alokasikan lahan," ujar dia, Jumat (4/6/2021).

Dia menyebutkan, lokasi wisata heritage di Pelabuhan Cirebon berada di sepanjang Jalan Ambon. Pengembangan wisata heritage tersebut masuk dalam Rencana Induk Pelabuhan (RIP) tahun 2017.

Dalam pengembangan potensi wisata tersebut, Pelindo akan merevitalisasi gedung tua yang sudah berdiri sejak lama. Wismantono memastikan kawasan wisata heritage tidak mengganggu kegiatan yang ada di pelabuhan.

"Jadi nanti ada batasan dan kami akan buat batasnnya agar tidak saling mengganggu," ujar dia.

Dari informasi yang didapat, Wisata Heritage Cirebon sudah melalui tahap survei. Bahkan, rencana tersebut sedang dalam kajian dan pemetaan Pelindo pusat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kuliner hingga Hotel

Saat Pelabuhan Cirebon Jadi Wisata Heritage
Perbesar
Gedung dan bangunan tua di Pelabuhan Cirebon akan dijadikan kawasan wisata heritage. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Wismantono mengaku mendukung penuh rencana pengembangan pelabuhan yang berdampak baik kepada masyarakat dan ekonomi. Menurut dia, kegiatan eksisting rutin ada masa habisnya.

"Sampai berapa lama kita hanya mengandalkan batu bara terus. Lambat laun akan habis dan kalau habis apakah kegiatan pelabuhan berhenti," jelas Wismantono.

Dia menyebutkan, di kawasan heritage nanti akan dibangun wisata kuliner, museum bahari hingga kawasan perhotelan berdasarkan pedomen RIP.

"Saya pernah diberi tahu oleh GM Pelindo II Cirebon kalau beliau sedang mencari investor untuk pembangunan hotel. Kami dukung di regulasi dan administrasi saja," ujar dia.

Sementara itu, Stag Ahli Komisi V DPR RI Rifki Rizania Permana mengatakan mendukung rencana pengembangan tersebut. Dia mengaku akan menyalurkan program yang terkait dengan pengembangan wisata heritage di Pelabuhan Cirebon.

Tak hanya itu, Rifki mengaku terus berkoodinasi dengan KSOP terkait pengembangan Pelabuhan Cirebon ke depan.

"Mudah-mudahan semua berjalan lancar sehingga kami bisa semakin meningkatkan sinergitas program dari pusat," ujar dia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓