Sukses

Mau Lulus Ujian SIM, Boleh Latihan ke Para Polisi Pelatih Mengemudi Ini

Seleksi dilakukan selama 2 hari, dengan metode wawancara di aula Tribrata Polda Sulut, dilanjutkan dengan hari berikutnya dengan materi praktik lapangan.

Liputan6.com, Manado - Tim Ditkamsel Korlantas Polri dipimpin oleh Kasi Standar Tindak Subdit Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Polri AKBP Imelda Sitohang, menyambangi Polda Sulut, Rabu (2/6/2021). Kunjungan Tim dalam rangka melakukan seleksi calon Trainer of Training (ToT) Safety Driving Center di Polda Sulut dan seluruh jajaran.

Seleksi dilakukan selama 2 hari, dengan metode wawancara di aula Tribrata Polda Sulut, dilanjutkan dengan hari berikutnya dengan materi praktik lapangan.

“Kita menyiapkan instruktur atau trainer yang akan mentransformasi baik ketrampilan mengemudi maupun etika berkendara dan aturan dalam berlalu lintas,” ungkap Imelda.

Dia mengatakan, pihaknya menyiapkan SDM yang nantinya akan ditempatkan di Safety Driving Center. Harapannya masyarakat sebelum ikut ujian di pusat-pusat sekolah mengemudi, harus belajar.

“Siapa yang mengajar, ya mereka inilah para trainer,” ujar Imelda didampingi Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulut AKBP Tommy B Souissa.

Imelda berharap nantinya bukan hanya sekedar skil atau keterampilan mengemudi yang diperoleh, namun yang penting juga katanya adalah etika dalam mengemudi. Bukan hanya terampil tapi juga sikap dan peduli dengan keadaan sekelilingnya.

“Karena seorang pengemudi harus bisa menjaga keselamatan diri dan juga keselamatan orang lain,” katanya.

Nantinya usai kegiatan seleksi ini, mereka yang terpilih akan mengikuti pemusatan pelatihan di Pusdik Lantas Serpong. Total untuk seluruh Polda pada gelombang pertama ini akan dilatih sebanyak 250 orang.

Tommy berharap, seleksi itu dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampun dan keterampilan anggota.

Selain belajar juga saling bertukar informasi dan ajang silaturahmi meningkatkan soliditas dan sinergitas antara anggota.

“Ikuti ajang seleksi ini untuk mendapatkan prestasi dan uji kemampuan anggota yang memiliki kompetensi keterampilan dalam mengemudi yang baik dan benar,” ujar Tommy di Markas Polda Sulut.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.