Sukses

Belum Semua Jalan di Bandung Ada Jalur Pesepeda, Wakil Wali Kota: Harus Saling Berbagi

Peringatan Hari Sepeda Dunia 2021 jatuh pada Kamis (3/6/2021).

Liputan6.com, Bandung - Peringatan Hari Sepeda Sedunia jatuh pada Kamis (3/6/2021). Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengakui saat ini belum semua jalan di Bandung memiliki jalur khusus sepeda.

Oleh karena itu, menurut Yana, para pesepeda bisa menggunakan jalan samping kiri untuk sementara waktu.

"Kalau tidak ada jalurnya, maka gunakan di pinggir kiri. Karena harus berbagi dengan pengguna jalan lainnya," katanya, Kamis (3/6/2021).

Yana pun mengajak komunitas sepeda untuk terus mengkaji sejumlah ruas jalan yang dapat dibuatkan jalur sepeda.

"Kalau yang belum ada jalur kita kaji. Jalan di Kota Bandung ini relatif sempit dan pendek itu juga butuh kajian," ujarnya.

Menurut Yana, peran komunitas sangat penting jika akan mengembangkan jalur sepeda. Komunitas memiliki kemampuan mengkaji jalur mana saja yang layak sesuai konturnya.

"Kalau dengan komunitas lebih gampang. Di Bandung dengan membuat jalur sepeda bersama komunitas. Kita lakukan ini secara perlahan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Gowes Baraya Bandung, Angga Cabelita siap mendukung Pemkot Bandung untuk mengembangkan jalur sepeda. "Kita harap jalur sepeda bisa dinikmati oleh masyarakat," katanya.

Dia pun berharap mulai dari para pelajar dan pegawai memanafaatkan sepeda sebagai alat transportasi dari rumah menuju kantornya. "Sekolah sudah ada zonasi, bisa diatur pakai sepeda," ujar Angga.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ASN Diminta Ikut Gowes

Yana juga berharap seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bandung untuk menggunakan sepeda dari rumah menuju kantor setiap hari Jumat. Selain ASN, Yana pun mengajak masyarakat untuk membiasakan diri menggunakan sepeda nantinya.

"Kita coba hari Jumat saja dulu. Dari rumah ke kantor. Bismillah, kita bisa jalanin," ujar Yana.

Yana mengakui, hal ini baru sekedar imbauan. Namun ia sangat berharap, kebiasaan bersepeda menuju kantor bisa menjadi budaya yang baik untuk warga Bandung.

"Harapannya warga Bandung khususnya ASN bersepeda dari rumah ke tempat kerja. Ini baru imbauan, belum ada regulasi. Kalau yang bersangkutan nyaman dan menjadi kebiasaan Alhamdulilah," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.