Warga Medan Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 Massal untuk Kelompok Pra Lansia

Oleh Reza Efendi pada 03 Jun 2021, 20:18 WIB
Diperbarui 03 Jun 2021, 20:18 WIB
Vaksinasi Massal di Medan
Perbesar
Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, secara keseluruhan, vaksinasi Covid-19 sampai saat ini di Kota Medan telah mencapai 41,21 persen dari target 70 persen

Liputan6.com, Medan Pemerintah Kota (Pemko) Medan kembali melaksanakan vaksinasi massal. Kali ini 1.000 orang khusus kelompok pra lansia divaksinasi Covid-19 pada kegiatan vaksinasi massal di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo.

Pelaksanaan vaksinasi massal tahap satu dari Pemko Medan ini bekerja sama Polda Sumut, Polrestabes Medan, dan TNI. Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, secara keseluruhan, vaksinasi Covid-19 sampai saat ini di Kota Medan telah mencapai 41,21 persen dari target 70 persen.

"Kali ini kita mendapatkan 1.000 dosis. Makanya Pemko Medan baru berani menggelar vaksinasi massal hari ini. Semua dilibatkan, mulai tenaga kesehatan dari Puskesmas, rumah sakit, polisi dan TNI," kata Bobby saat memberikan keterangan bersama Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Panca Putra Simajuntak, dan Kasdam I Bukit Barisan, Brigjen Didiet, Kamis (3/6/2021).

Disampaikan Bobby, jika Pemko Medan mendapatkan izin dari pihak Lanud Soewondo, maka vaksinasi Covid-19 drive thru yang diresmikan beberapa waktu lalu akan dilakukan kembali. Sehingga masyarakat punya pilihan untuk vaksinasi.

"Kita pilih lokasi vaksin di bekas Bandara Polonia ini agar masyarakat sekalian nostalgia, karena Polonia pernah menjadi kebanggaan warga Medan," ucap Bobby.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Banyak Diikuti Guru

Vaksinasi Massal di Medan
Perbesar
Vaksinasi Covid-19 kali ini juga diberikan kepada guru pendidik yang bulan Juli 2021 mendatang akan direncanakan dilakukan sekolah tatap muka

Menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu menerangkan, vaksinasi Covid-19 kali ini juga diberikan kepada guru pendidik yang bulan Juli 2021 mendatang akan direncanakan dilakukan sekolah tatap muka.

"Dari jumlah 20 ribu guru di Medan, sudah 11 ribu yang mendapatkan vaksin. Insya Allah kita bisa melakukan sekolah tatap muka. Apalagi Medan juga sudah zona oranye," ujarnya.

Antusias Warga Tinggi

Vaksinasi Massal di Medan
Perbesar
Dari jumlah 1.000 orang yang ikut vaksinasi, ada yang telah didata sebelumnya, ada juga yang spontan datang ke lokasi

Pantauan Liputan6.com di lokasi vaksinasi Covid-19, antusias warga Medan sangat tinggi untuk mendapatkan vaksin pada kegiatan vaksinasi massal yang digelar Pemko Medan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Medan, Syamsul Arifin Nasution menyebut, dari jumlah 1.000 orang yang ikut vaksinasi, ada yang telah didata sebelumnya, ada juga yang spontan datang ke lokasi.

"Kebanyakan guru kelompok pra lansia, selebihnya pendaftar spontan," sebut Syamsul.

Diungkapkan Syamsul, vaksinasi massal kali ini dilaksanakan satu hari saja. Selanjutnya akan ada kegiatan serupa dari pihak BUMN, dengan target 5.000 dosis.

"Untuk tahap kedua akan digelar di sini juga. Untuk kategori umum kita usahakan di tahap ketiga," ungkapnya.

Diminta Tidak Berebut

Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak
Perbesar
Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak

Kapolda Sumut, Irjen Panca Putra Simajuntak, berharap kepada masyarakat tidak berebut untuk mendapatkan vaksin Covid-19, sebab pemerintah menjamin masyarakat akan divaksinasi. Pemerintah telah mengatur waktu dan target.

"Ini menandakan masyarakat punya satu persepsi dengan kita, bahwa memutus rantai penularan Covid-19 melalui herd imunity. Setelah divaksin, tetap gunakan masker," Kapolda menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓