Sukses

Hari Kelima Pencarian, Korban Tenggelam di Pantai Ngluwen Gunungkidul Belum Ditemukan

Hari kelima pencarian korban tenggelam di Pantai Ngluwen Gunungkidul, Muhammad Rois Chaq (19) belum juga ditemukan.

Liputan6.com, Gunungkidul Hari kelima pencarian korban tenggelam di Pantai Ngluwen Gunungkidul, Muhammad Rois Chaq (19) belum juga ditemukan. Tim SAR gabungan terus berupaya melakukan pencarian dengan mengerahkan segala potensi yang mereka miliki.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan, pencarian terus dilanjutkan melihat cuaca bersahabat dan gelombang pantai selatan Gunungkidul masih kondusif.

"Kebetulan hari ini gelombang di pantai selatan landai," ujar Marjono, Rabu (3/6/2021).

Marjono menambahkan, di hari kelima pencarian korban, ada beberapa skenario mereka siapkan. Di antaranya adalah dengan melakukan penyisiran baik melalui darat maupun laut Pantai Ngluwen. Pihaknya juga memerintahkan beberapa anggota SAR untuk bersiap di lokasi kejadian untuk menginformasikan berbagai perkembangan.

Marjono mengungkapkan tiga personel SAR akan bersiap di TKP untuk terus memperbarui informasi perkembangan pencarian di lokasi. Mereka akan terus berkoordinasi dengan polisi, TNI, Pemdes dan relawan. Pihaknya juga berkoordinasi dengan para nelayan yang pergi melaut untuk melaporkan apa yang mereka lihat dan alami.

"Dua kapal kami turunkan untuk melakukan penyisiran di laut di mana mereka sudah berangkat sejak pukul 05.00 WIB," ungkapnya.

Dua kapal tersebut berangkat dari Pantai Ngrenehan terus penyisiran dari Pantai Ngrenehan hingga ke lokasi kejadian bahkan ke timur hingga Pantai Wediombo. Sementara kapal lainnya akan melakukan penyisiran ke wilayah barat hingga ke Pantai Parangtritis.

Ia mengakui area pencarian memang terus mereka perluas lagi dibanding hari sebelumnya. Hari ini area pencarian diperluas lebih dari 10 mil ke arah timur sampai pantai Wediombo dan ke arah barat sampai ke Pantai Parangtritis berbatasan langsung dengan Kabupaten Bantul.

Di samping itu, pihaknya juga melakukan pencarian melalui darat. Untuk jalur darat, setidaknya ada 30 personel yang terlibat pencarian. Mereka melakukan penyisiran melalui daratan masing-masing dibagi dua kelompok yaitu ke barat dan ke timur dari lokasi kejadian.

Mereka terus berkomunikasi menggunakan ponsel masing-masing untuk melaporkan perkembangan lokasi terkini. Tim SAR beruntung hari ini gelombang cukup landai sehingga diharapkan mampu memperlancar pencarian.

"Kami berharap cuaca akan bersahabat hingga sore hari. Sehingga pencarian bisa dimaksimalkan," ujar dia.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.