Sukses

Jangan Banyak Tingkah, Polisi Sebar 140 'Mata-Mata' di 6 Kabupaten Sulbar

Polisi terus memantau setiap aktivitas yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan di masyarakat.

Liputan6.com, Mamuju - Sebanyak 140 unit kamera pengawas akan dipasang Polda Sulawesi Barat di 6 kabupaten yang berada di wilayah hukumnya. Kamera pengawas itu akan memantau setiap aktivitas yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan.

Kabid TIK Polda Sulawesi Barat, Kombes Pol Darwis Rincing mengatakan, pemasangan kamera pengawas itu sebagai bentuk keseriusan Polisi dalam meingkatkan pelayanan kepada masyarakat. Semua kamera itu akan terintegritas dengan sistem command center.

"Jadi command center di tiap Polres akan terintegritas dengan kamera itu. Bahkan langsung terhubung dengan command center di Polda dan Mabes Polri," kata Darwis kepada wartawan, Sabtu (29/05/2021).

Darwis menambahkan, dengan sistem command center, Polisi yakin dapat meningkatkan penanganan gangguan keamanan dengan cepat. Penggunaan sistem ini dinilai akan sanagat membantu Polisi mengungkap kasus kriminal, karena command center akan terhubung langsung dengan masyarakat.

"Jadi sistem ini dapat digunakan masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi melalui aplikasi Polisiku yang bisa didownload di smartphone dan layanan polisi 101," ujar Darwis.

Selain itu, menurut Darwis, nantinya kamera pengawas ini juga akan terkoneksi dengan sistem electronic traffic law enforcement (E-TLE). Sehingga para pelanggar lalulintas dapat langsung ditindak dengan E-TLE yang terekam oleh kamera pengawas.

"Dengan sistem ini kita dapat menciptakan budaya tertib lalu lintas di masyarakat," tutup Darwis.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.