Sempat Dikira Makhluk Jadi-jadian, Beruang Madu Bikin Warga Agam Ketakutan

Oleh Novia Harlina pada 30 Mei 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 30 Mei 2021, 13:00 WIB
Ilustrasi mimpi, beruang
Perbesar
Ilustrasi mimpi, beruang. (Photo by Robert Balog on Pixabay)

Liputan6.com, Agam - Masyarakat Palembayan Tangah, Nagari IV Koto Pelembayan, Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, Sumatera Barat dibuat ketar-ketir dengan kemunculan sosok yang dikira makhluk jadi-jadian.

Setelah dilakukan identifikasi, ternyata sosok yang dikira makhluk jadi-jadian itu adalah beruang madu yang masuk ke pemukiman warga.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Ade Putra mengatakan masyarakat melihat satwa itu pada pertama kali pada 19 Mei 2021.

"Iya ada masyarakat yang mengaku melihat satwa berwarna hitam ukurannya sekitar dua meter," kata Ade kepada Liputan6.com, Sabtu (29/5/2021).

Pihaknya melakukan identifikasi ke lapangan pada Kamis 27 Mei 2021, setelah mendapatkan laporan adanya kemunculan satwa liar di daerah itu.

"Dari identifikasi, dapat kami sampaikan bahwa itu adalah beruang madu," jelasnya. 

Diduga Hanya Melintas

Kemudian, pihaknya menduga bahwa beruang tersebut hanya melintas di kawasan itu. Terlihat dari jejak, cakaran dan tanda lainnya.

Ade mengimbau masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan, serta tak beraktivitas sendirian di ladang dan kawasan dekat hutan.

Menurut Ade, kemunculan satwa itu juga dikaitkan sebagian masyarakt dengan beberapa mitos, yakni hewan itu dianggap masyarakat sebagai makhluk jadi-jadian.

Sampai saat ini, masih ada masyarakat yang tidak percaya bahwa itu adalah satwa beruang yang bernama latin helarctos malayanus.

"Iya masih ada masyarakat yang ketakutan," ujarnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓