Sukses

Ganas dan Lebih Cepat Menular, 50 Orang Diduga Terpapar Varian India di Cilacap

Pemkab Cilacap telah melakukan tracing atau pelacakan hingga tujuh lapis yang melibatkan sekitar 700 sasaran dengan 50 orang yang dipastikan terpapar Covid-19 diduga varian India

Liputan6.com, Cilacap - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi Pemkab Cilacap yang dengan tenang namun cepat dan tepat dalam menangani pasien Covid-19 varian India B.1617.2.

Menurut dia, Pemkab Cilacap telah melakukan tracing atau pelacakan hingga tujuh lapis yang melibatkan sekitar 700 sasaran dengan 50 orang yang dipastikan terpapar Covid-19 diduga varian India. Semuanya telah ditangani secara intensif dan masih dalam tahap isolasi.

“Mudah-mudahan semuanya dapat berjalan baik dan kita akan selalu sigap walaupun semuanya sudah sedang dalam penanganan. Tetapi tidak lantas menjadikan kita merasa aman, karena varian baru ini lebih ganas dan lebih cepat penularannya jadi kita terus waspada nanti jika ada gejala muncul harus segera diadakan tracing lagi,” kata dia, dikutip dari website humas.cilacapkab.go.id, Sabtu (29/5/2021).

Pada Jumat, Muhadjir melakukan kunjungan kerja ke RSUD Cilacap pada untuk meninjau perawatan tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Covid-19 saat merawat 13 ABK asal Filipina yang terpapar varian India B.1617.2.

Muhadjir mengatakan penanganan Pemkab Cilacap terhadap Covid-19 varian baru di Cilacap tersebut sangat baik.

“Kesimpulannya bisa dipastikan bahwa penanganannya sudah sangat baik. Sehingga mudah-mudahan varian baru yang kemarin mendarat di Cilacap bisa segera kita atasi dan semua pasien yang positif juga dalam proses penyembuhan,” ucap Muhadjir.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penegakan Prokes di Cilacap

Bupati juga berpesan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dalam penerapan protokol kesehatan namun tidak perlu takut berlebihan.

Pemkab Cilacap pun akan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai standar pemerintah terkait dengan Covid-19 varian baru ini.

“Pemkab Cilacap bersama-sama seluruh masyarakat ikut bekerja dan melawan Covid-19 varian India ini agar bisa segera terselesaikan dan semua yang tertular bisa sembuh hingga tuntas,” kata bupati.

Dalam kesempatan itu, Menko PMK memberikan bantuan masker untuk RSUD Cilacap dan RS Priscilla Medical Center, berupa 800 pcs masker N95 dan 1.000 pcs KN95 untuk RSUD Cilacap serta 400 pcs masker N95, 500 pcs masker KN95, dan 1.000 pcs masker kain untuk RS Priscilla Medical Center.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.