Sukses

Pecah Rekor, Riau Catat Kematian dan Konfirmasi Harian Tertinggi Covid-19 di Indonesia

Lonjakan Covid-19 Riau pada 26 Mei 2021 mencatatkan kasus harian tertinggi di Indonesia, begitu juga dengan kasus kematian karena virus Corona.

Liputan6.com, Pekanbaru - Provinsi Riau mencatat rekor lonjakan Covid-19 terbanyak sejak virus Corona masuk ke Indonesia pada Maret tahun lalu. Lonjakan Covid-19 Riau ini bahkan tertinggi di Indonesia yang biasanya selalu ada di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Tengah.

Tidak hanya kasus konfirmasi paling banyak per 26 Mei 2021, lonjakan Covid-19 Riau ini juga mencatat angka kematian paling tinggi di Indonesia. Sementara angka kesembuhan tidak meningkat seperti biasanya.

Juru bicara Satgas Covid-19 di Riau, dr Indra Yovi, menyebut angka konfirmasi di Bumi Lancang Kuning pada Kamis petang ada 739 orang. Dengan demikian hingga kini ada 56906 angka kumulatif di Riau.

"Riau paling tinggi hari ini di Indonesia ada 739, begitu juga angka kematian ada 27," kata Yovi, Rabu (26/5/2021).

Yovi menyebut ada beberapa faktor lonjakan Covid-19 Riau. Dia menduga lonjakan ini kemungkinan besar karena efek libur Lebaran Idul Fitri beberapa waktu lalu.

"Orang kembali dari mudik, ini sudah 14 hari sejak lebaran, hari ini sudah pas, diperkirakan itu yang terjadi," kata Yovi.

Di sisi lain, Yovi menyebut peningkatan ini karena meningkatnya tracing yang dilakukan petugas medis terhadap orang yang pernah kontak dengan pasien Covid-19.

"Itu faktor yang menjadi penyumbang kenapa banyak hari ini," sebut Yovi.

Terkait meningkatnya angka kematian, Yovi menyebut terjadi karena pasien yang datang ke rumah sakit sudah mengalami gejala berat.

"Awalnya isolasi mandiri tiga sampai empat hari, kemudian terjadi perburukan, datang ke rumah sakit," kata Yovi.

Sebagai informasi, Covid-19 di Riau baik itu pasien dengan penyakit penyerta (komorbid) ataupun tidak sudah menyebabkan 1.496 warga meninggal dunia.

Sementara dari 56.906 total konfirmasi, Riau juga mencatatkan angka kesembuhan secara keseluruhan 50.166 hingga 26 Mei 2021.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.