Sukses

Warga Pekanbaru Antusias Sambut Pemberian Vaksin Covid-19 'Door to Door'

Warga Pekanbaru mengaku dimudahkan dengan adanya vaksin Covid-19 secara door to door oleh Polresta Pekanbaru untuk memutus penyebaran virus corona.

Liputan6.com, Pekanbaru - Percepatan vaksin Covid-19 terus dilakukan oleh Polresta Pekanbaru untuk mendukung pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus corona. Program door to door ke pemukiman terus dilakukan Kapolresta Pekanbaru Komisaris Besar Nandang Mu'min Wijaya.

Dalam program door to door vaksin Covid-19 ini, Nandang bersama Wakil Kapolresta Pekanbaru Ajun Komisaris Besar Hasyim Risahondua SIK membawa petugas medis (vaksinator) agar masyarakat bisa divaksin langsung di rumah.

Kedatangan petugas ini disambut antusias warga masyarakat karena lebih praktis dan tak perlu repot datang ke tempat vaksin. Terutama bagi kalangan lanjut usia (lansia) yang sudah kekurangan tenaga bepergian.

"Sasaran utamanya lansia yang tidak bisa datang ke tempat vaksin, ini langkah agar angka Covid-19 menurun," kata Nandang di Pekanbaru.

Nandang menjelaskan, satu bus yang dikerahkan door to door membawa 50 vaksin Covid-19 setiap harinya. Hari pertama pada 24 Mei lalu berlangsung di Kecamatan Tenayan Raya, salah satunya Kelurahan Industri Tenayan.

Di lokasi cukup jauh dari pusat kota ini, Nandang blusukan dan masuk ke perkampungan warga, mencari lansia untuk divaksin. Nandang juga singgah di sebuah masjid dan mengajak warga agar mau divaksin.

Dengan adanya kesempatan ini, masyarakat pun bergegas memanfaatkan kesempatan tersebut. Usai salat digelar, warga sudah bersiap untuk disuuntik vaksin oleh vaksinator.

"Ini akan terus kita mobilisasi, dan kita sudah siapkan personel serta sarana dan prasarananya. Di seluruh pos juga, kendaraan dinas Polri juga sudah disiapkan untuk vaksin keliling," jelas Nandang.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerahkan Polsek

Tak hanya Polresta, Nandang juga sudah mengerahkan setiap Polsek di Pekanbaru melakukan hal serupa. Apalagi terobosan dari kepolisian ini disambut baik oleh masyarakat.

Seorang warga bernama Imai menyebut terobosan polisi ini membuat masyarakat lebih aman dan tidak capek. Dia juga menyebut terobosan ini tidak membuat kerumunan.

"Kan kalau ke tempat vaksin orangnya ramai, bisa rawan ketular Corona. Kalau begini aman vaksinnya, enggak ramai-ramai dan langsung datang petugasnya ke tempat kita," ujar Imai.

Tak hanya permukiman, polisi juga datang ke pasar untuk mengajak masyarakat segera mendaftar untuk divaksin. Bagi yang mau hari itu juga, petugas langsung memberikan vaksin di lokasi.

Sebelum itu, petugas memeriksa kesehatan calon penerima vaksin. Kemudian mereka yang layak dari segi medis langsung mendapat vaksin dari tim vaksinator.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.