Sukses

Sandiaga Usulkan Keringanan Biaya Tes Covid-19 untuk Turis Lokal ke Bali

Sandiaga mengatakan, usulan itu diajukan karena serapan anggaran testing oleh Kementerian Kesehatan masih rendah.

 

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengusulkan pengalihan dana biaya testing corona untuk membiayai PCR atau rapid test antigen wisatawan nusantara yang hendak ke Bali. 

Seperti diketahui, surat bebas Covid-19 berbasis PCR atau antigen menjadi salah satu syarat administrasi bagi pelaku perjalanan dalam negeri di Indonesia. Sandiaga mengatakan, pengalihan biaya ini diharapkan bisa menjadi insentif atau bantuan dari pemerintah untuk membantu pemulihan ekonomi dan pariwisata Bali.

"Diperlukan keringanan biaya testing untuk calon wisatawan yang ke Bali. Ini yang akan kita pertimbangkan sebagai bentuk insentif yang bisa kita berikan, yakni testing (biaya PCR atau antigen) yang dibebankan ke pemerintah," kata Sandiaga saat berdiskusi dengan Bali Tourism Board (BTB), Sabtu (12/6/2021)

Sandiaga mengatakan, usulan itu diajukan karena serapan anggaran testing oleh Kementerian Kesehatan masih rendah. Menurut dia, per Juni 2021 ada sekitar Rp 6 triliun dana testing yang belum terserap.

"Ternyata anggaran testing itu sampai Rp 6 triliun yang belum terserap, baru sedikit sekali yang terserap. Jadi, saya nanti mengusulkan dan dorong ke PEN agar itu bisa dialihkan, anggaran yang tidak terserap sebagai intensif," kata Sandiaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontraksi Ekonomi

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Mas Menteri ini mengatakan kondisi ekonomi Bali pada kuartal II tahun 2021 masih akan berkontraksi. Ia memprediksi kontrasi lebih dalam dibandingkan kuartal I 2021 lalu yang mencapai -9,8 persen.

Karenanya, berbagai insentif perlu segera dikucurkan kepada masyarakat Bali. "Insentif lain berupa dana hibah pariwisata dan pinjaman lunak bagi pelaku pariwisata masih dalam proses pembahasan dengan Kemenkeu," kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.