Sukses

Masuk Bali via Pelabuhan Gilimanuk, Pemudik Bawa Hasil Tes Covid-19 Kedaluwarsa

Dandim 1617/Jembrana, Letkol Inf Hasrifuddin Haruna sidak situasi warga yang hendak masuk Bali usai Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Liputan6.com, Jembrana Dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 di wilayah Bali usai hari Raya Idul Fitri 1442 H, Dandim Jembrana, Letkol Inf Hasrifuddin Haruna memimpin langsung sidak warga yang akan masuk ke Pulau Dewata atau arus balik melalui Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali.

Letkol Haruna mengaku menemukan beberapa warga yang bekerja sebagai pekerja bangunan hendak masuk ke Bali, tetapi rombongan pekerja itu membawa hasil swab test antigen yang telah kedaluwarsa.

"Arus balik menuju Bali cukup tinggi. Kami petugas harus ekstra ketat dalam melakukan pemeriksaan, seperti 14 orang asal Jawa timur yang bekerja sebagai buruh bangunan yang hendak masuk Bali ini, mereka membawa suket rapid test Antigen yang mencurigakan (Instansi yg mengeluarkan suket hanya klinik pratama dan tanggal suketnya sudah kedaluwarsa)," kata Letkol Haruna kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon, Rabu (19/5/2021).

Letkol Haruna menyebut, ke-14 orang tersebut lalu diarahkan untuk melakukan rapid test antigen/GeNose di Pelabuhan Gilimanuk.

"Mereka (14 pekerja bangunan) langsung di swab antigen. Tak hanya mereka, tapi ada beberapa pengendara mobil dan motor juga kita arahkan melakukan rapid test antigen karena kedapatan membawa suket kedaluwarsa," ujar Letkol Haruna. 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Warga Bawa Suket Kedaluwarsa

Dalam kesempatan itu, Dandim mengingatkan kepada satgas Covid-19 di wilayah ASDP pada masa arus balik tersebut agar lebih teliti dalam melakukan pemeriksaan pada warga yang hendak masuk ke Bali, jika tanpa hasil swab antigen terbaru harus melakukan pemeriksaan yang sudah disiapkan.

"Saya apresiasi kepada seluruh satgas Covid-19 yang bertugas. Lebih ditingkatkan lagi ketelitian saat memeriksa syarat-syarat warga yang mau masuk Bali," kata Letkol Haruna.

Sementara itu, Dandim Jembrana saat melaksanakan sidak arus balik pendatang tersebut didampingi Kasat Lantas Polres Jembrana melakukan sidak dan mengecek pos-pos di wilayah Jembrana, seperti pos Pelayanan rapid test Antigen/GeNose di Pelabuhan Gilimanuk, pos terminal Pelabuhan ASDP Gilimanuk, pos waterbee dan pos Timbangan Cekik, Gilimanuk. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.