Sukses

Nihil Kasus Baru Positif Covid-19, Sulut Catat Rekor Pasien Sembuh

Karena itu dia berharap proses sinkronisasi data akan berlangsung lebih cepat karena ada sinergitas Dinas Kesehatan Sulut dan Dinas Kesehatan Manado.

Liputan6.com, Manado - Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Sulut melonjak dengan mencatat rekor tertinggi sejak pandemi melanda Maret 2020 silam. Jumat (14/5/2021), ada 329 pasien yang dinyatakan sembuh. Sedangkan, untuk kasus baru positif Covid-19 tidak ada penambahan.

"Hari ini kasus sembuh bertambah 329 orang, sehingga jumlah akumulasinya menjadi 13.949 orang," ungkap Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel, Jumat malam.

Ratusan pasien yang dinyatakan sembuh itu terbanyak berasal dari Manado 327 orang, Minahasa (1), dan 1 orang dari Kotamobagu. Untuk angka kesembuhan pasien Covid-19 di Sulut per 14 Mei 2021 adalah 88,81 persen.

"Ada proses clearance atau pembersihan register kohort kasus di Kota Manado, sehingga mengalami peningkatan angka pasien sembuh yang teramat baik," kata Dandel.

Dia mengatakan, hal itu kemungkinan karena adanya perubahan manajemen data di Dinas Kesehatan Kota Manado. Karena untuk pelaporan kasus sembuh sejak Januari 2021, hanya bisa dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota.

"Kita akan melihat terjadinya pengumuman kasus sembuh yang cukup banyak dari Kota Manado selama beberapa hari ke depan," ujar Dandel.

Dandel mengatakan, dalam catatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut sejatinya kasus aktif itu hanya ada di kisaran 500-an kasus. Oleh karena itu, dia berharap proses sinkronisasi data akan berlangsung lebih cepat karena ada sinergitas Dinas Kesehatan Sulut dan Dinas Kesehatan Manado.

"Untuk data kasus aktif yang masih tercatat hingga kini sebanyak 1.226 orang, atau sebesar 7,82 persen," ujarnya.

Selanjutnya, ada penambahan 1 pasien Covid-19 di Sulut yang meninggal dunia, sehingga jumlah akumulasinya menjadi 530 orang. Angka kematian atau case fatality rate sebesar 3,37 persen.

"Sedangkan, jumlah akumulasi kasus positif Covid-19 di Sulut sebanyak 15.705 orang, tidak bertambah, karena hari ini nihil kasus baru," Dandel memungkasi.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.