Sukses

Gempa Nias Magnitudo 7,2 Terasa Kuat hingga ke Sumbar

Warga Padang berhamburan ke luar rumah saat merasakan gempa.

Liputan6.com, Padang - Gempa bumi Magnitudo 7,2 mengguncang barat daya Nias Barat, Sumatera Utara. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, lindu itu terjadi pukul 13.33 WIB, Jumat (14/5/2021).

Gempa bumi juga dirasakan hingga provinsi tetangga, Sumatera Barat. Sejumlah daerah dilaporkan merasakan guncangan gempa.

Pantauan Liputan6.com, gempa tersebut terasa kuat di Kota Padang. Akibatnya masyarakat berlarian ke luar rumah.

Salah seorang warga Padang, Heri mengatakan gempa terasa berayun, kemudian dirinya lari ke luar rumah, begitu juga dengan tetangganya.

"Iya rasanya berayun, kaget juga," katanya, Jumat (14/5/2021).

Selain Kota Padang, guncangan gempa yang terjadi di Nias itu, juga Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Payakumbuh, dan sejumlah daerah lainnya.

Warga Agam, Yulia (28) menyebut ia dan keluarga sedang berkumpul merayakan Idul Fitri. Kemudian, terjadi gempa hingga semuanya berhamburan ke luar rumah.

"Terasa kuat, kami kira pusatnya di Sumbar," jelasnya.

Sementara, BMKG merilis pusat gempa bumi tersebut berada di koordinat 0.10 LU, 96.53 BT atau 141 km Barat Daya Nias Barat, Sumut.

BMKG menyebut pusat gempa terjadi di kedalaman 19 kilometer, dan tak berpotensi tsunami.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.