Sukses

Suasana Tertib dan Khusyuk Salad Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Raya Al Mashun Medan

Masjid Raya Al Mashun, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) menggelar Salai Idul Fitri 1442 Hijriah. Diikuti jemaah dari berbagai kalangan dan daerah, Salat Id berlangsung tertib dan khusyuk.

Liputan6.com, Medan Masjid Raya Al Mashun, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) menggelar Salat Idul Fitri 1442 Hijriah. Diikuti jemaah dari berbagai kalangan dan daerah, Salat Id berlangsung tertib dan khusyuk.

Idul Fitri kali ini merupakan yang kedua berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Namun demikian, para jemaah tetap antusias berbondong-bondong meringankan langkah untuk melaksanakan Salat Id.

"Sudah sebulan penuh berpuasa. Ini hari yang ditunggu-tunggu, hari kemenangan," kata Wawan, seorang warga Jalan Juanda yang datang ke Masjid Raya Al Mashun dengan keluarganya, Kamis (13/5/2021).

Diakui Wawan, ia dan keluarga menyadari saat ini masih berada dalam situasi pandemi Covid-19. Hal tersebut membuatnya tetap harus mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan memakai hand sanitizer.

"Kita sadar, masih ada Covid-19, makanya saya dan keluarga pakai masker, hand sanitizer. Wudhu juga di rumah, tadi," ungkapnya.

Menurut Wawan, jumlah jemaah yang hadir untuk mengikuti Salat Idul Fitri di Masjid Raya Al Mashun kali ini lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2020. Selesai salat, ia dan keluarga langsung pulang ke rumah.

"Sampai rumah, kami maaf-maafan, lah," ujarnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Animo Masyarakat Tinggi

Warga lainnya, Yuda mengakui animo masyarakat yang datang ke Masjid Raya Al Mashun kali ini cukup tinggi. Warga Jalan Halat yang datang bersama anaknya ini mendapat tempat salat di tepi jalan, persisnya di Jalan Sisingamangaraja.

"Iya, ramai. Harapan saya di Hari Raya Idul Fitri ini agar pandemi Covid-19 segera berlalu," ucapnya.

Personel TNI-Polri, Satpol PP, BPBD Medan, diterjunkan ke lokasi untuk pengamanan sekaligus mengingatkan jemaah agar mematuhi protokol kesehatan.

3 dari 3 halaman

Diharapkan Tidak Ada Klaster Baru

Datuk Adil Fredi Abraham dari Kepala Masyarakat Adat Sepuluh Dua Kuta Kesultanan Deli, mengatakan, antusias masyarakat muslim untuk menunaikan Salat Idul Fitri di Masjid Raya Al Mashun begitu besar.

"Tidak hanya di masjid ini saja, masjid lain juga. Di sini sama-sama kita lihat begitu banyak orang yang Salat Idul Fitri," sebutnya.

Diakui Fredi, dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum selesai, pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yaitu mengatur jarak antar jemaah, mengimbau pakai masker. Diharapkan dengan penerapan protokol kesehatan dapat menghindarkan penyebaran Covid-19.

"Sehingga tidak muncul klaster baru," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.