Larangan Takbiran Keliling Berlaku, Sejumlah Ruas Jalan Ditutup di Bandung

Oleh Huyogo Simbolon pada 12 Mei 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 21:00 WIB
Kota Bandung
Perbesar
Ilustrasi penutupan jalan di Kota Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung - Jajaran Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung memberlakukan penutupan sejumlah ruas jalan untuk mengantisipasi adanya kerumunan di saat malam takbiran Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah. Penutupan ruas jalan di Bandung dimulai Rabu (12/5/2021) pukul 18.00 WIB hingga Kamis (13/5/2021) pukul 05.00 WIB.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polrestabes Bandung AKBP Asep Pujiono mengatakan, pelarangan takbiran keliling sudah sesuai dengan instruksi Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Warga diminta untuk melakukan takbiran di masjid dengan protokol kesehatan ketat dan alternatifnya dilakukan secara virtual.

"Imbauan dari gubernur bahwa takbiran keliling tidak ada. Kita juga melaksanakan imbauan sampai jajaran polsek ke seluruh masyarakat Kota Bandung," katanya usai Apel Persiapan Pengamanan Menjelang Malam Takbiran Idulfitri 1442 H di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (12/5/2021).

Asep menjelaskan, penutupan ruas jalan dilakukan di 31 titik. Ke-31 titik tersebut terbagi dalam tiga wilayah.

"Penutupan terbagi menjadi tiga ring. Ring 1 sebanyak 11 titik, ring 2 ada 12 titik, dan ring 3 sebanyak 8 titik. Untuk titik ring 3 apabila ada yang masuk masih dipersilakan tapi tidak melakukan kerumunan," ujarnya.

Terkait pengamanan malam takbiran, Asep berujar petugas yang berjaga terdiri dari ribuan personel gabungan. Rinciannya, 968 personel Polrestabes Bandung, 220 personel bantuan dari Polda Jawa Barat, serta instansi lain seperti TNI, Dishub, dan Satpol PP.

"Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Salah satunya menempatkan personel di beberapa lokasi yang telah ditentukan juga melakukan patroli guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya konvoi takbiran keliling yang dapat menimbulkan terjadinya kerumunan," tuturnya.

Daftar ruas jalan di Kota Bandung yang ditutup malam ini sebagai berikut.

Ring 1: Jalan Otista-Riau, Jalan Asia Afrika Tamblong, Jalan Naripan Tamblong, Jalan Braga, Jalan Banceuy AA, Jalan Lembong Tamblong (patung bola), Jalan Merdeka (Merdeka-Aceh, Sumatera-Aceh, Wastukencana-Aceh), Jalan Ir H Djuanda (Cikago sampai Simpang Dago), Jalan Dipatiukur.

Ring 2: Jalan Ahmad Yani-Riau, Jalan Gatsu-Lingkar, Jalan Talaga Bodas-Lingkar, Jalan Lodaya Lingkar, Jalan Buahbatu-Lingkar, Jalan Sriwijaya-Lingkar, Jalan M Ramdan-Lingkar (patung ikan), Jalan M Toha-Lingkar, Jalan Otista-BKR, Jalan Kopo-Peta

Ring 3: Bundaran Cibeureum, Tol Pasteur, Tol Pasirkoja, Tol M Toha, Tol Kopo, Tol Buahbatu, Bundaran Cibiru, Setiabudi-Ledeng.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓