Sukses

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Wanti-Wanti Tempat Wisata yang Buka Saat Lebaran

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta warga tidak lupa protokol kesehatan.

Liputan6.com, Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta dengan sangat, semua destinasi wisata yang dibolehkan tetap buka saat libur Lebaran untuk tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat. Salah satunya dengan membatasi jumlah kunjungan wisata maksimal 30 persen.

"Kalau objek wisata yang buka, maksimal pengunjung 30 persen. Saya sarankan selalu ada pengelola yang patroli dan mengingatkan agar pengunjung ketat dengan protokol kesehatan," kata Ganjar di Semarang, Selasa (11/5/2021).

Orang nomor satu di Jateng itu mengungkapkan masih menemui orang-orang yang tidak menerapkan protokol kesehatan saat mengecek sejumlah objek wisata.

"Mereka tidak pakai masker, kumpul-kumpul tidak berjarak, juga ada wisatawan yang tidak pakai masker. Jadi itulah pentingnya petugas yang patroli, tentu karena ini wisata, maka mengingatkannya dengan cara yang baik," ujarnya.

Ganjar menyebutkan ada sejumlah daerah yang menyatakan akan menutup semua destinasi wisata diantaranya Kabupaten Magelang, Kebumen, Wonogiri, dan Kabupaten Semarang.

"Kudus melaporkan tutup, tapi direvisi beberapa tempat wisata tetap buka dengan pengunjung maksimal 30 persen. Mudah-mudahan daerah lain mempersiapkan agar tidak terjadi kerumunan yang membahayakan," katanya.

Bagi daerah yang tetap membuka pariwisata saat libur lebaran, Ganjar mewanti-wanti agar semuanya disiapkan dan harus bisa mengontrol jumlah pengunjung agar tidak terjadi kerumunan.

"Kalau melihat kondisi ramai dan mengakibatkan kerumunan, pengelola harus berani mengontrol dengan ketat. Kalau tidak bisa dikontrol, tutup saja," tegasnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.