Sukses

1 Orang Tewas Tertimbun Longsor di Kampung Manglayang Bandung Barat

Tamu penghuni rumah warga di lokasi kejadian dilaporkan tewas tertimbun.

Liputan6.com, Bandung - Hujan deras yang terjadi pada Sabtu (8/5/2021) malam mengakibatkan bencana longsor di Kampung Manglayang, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Tamu warga di lokasi kejadian dilaporkan tewas tertimbun.

Wakil Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Hadi Rahmat menuturkan, peristiwa longsor terjadi pada pukul 21.00 WIB. Longsor disebabkan hujan deras yang mengguyur lokasi kejadian.

"Hujan lebat yang turun sejak pukul 19.00 WIB mengakibatkan air meluap karena drainase yang terbatas sehingga tidak mampu menampung debit air," kata Hadi, Minggu (9/5/2021).

Air hujan yang masuk ke areal perkampungan warga tersebut mengakibatkan terjadinya longsor tebing setinggi 3 meter kemudian menimpa rumah warga serta menimbulkan korban jiwa yang kebetulan sedang bertamu.

"Satu unit rumah tertimpa longsoran atas nama Yanti (40) yang dihuni empat orang. Satu orang tertimbun atas nama Rudi (35) yang merupakan adik pemilik rumah yang sedang berkunjung untuk berbuka bersama," ujar Hadi.

Korban Rudi ditemukan masyarakat bersama aparat gabungan yang bahu membahu melakukan pencarian dan evakuasi. Rudi pun langsung dibawa ke rumah duka di Kampung Nyingkir, Desa Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong.

"Korban pada pukul 00.00 WIB dibawa keluarganya ke Desa Cigugur, Kecamatan Parongpong untuk dimakamkan," ucap Hadi.

BPBD Provinsi Jawa Barat telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung Barat dan Polsek Cisarua telah melakukan kaji cepat ke lokasi bencana.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.