Sukses

Waspada, Varian Covid-19 Asal Inggris dan India Ditemukan di Banten

Dua varian baru Covid-19 asal India dan Inggris sudah masuk ke Banten dan menulari tiga orang.

Liputan6.com, Serang - Dua varian Covid-19 asal India dan Inggris sudah masuk ke Banten dan menulari tiga orang. Semua penderita berada di wilayah Tangerang.

Untuk pasien varian Covid-19 B117 asal Inggris, satu pasiennya ada di Desa Klutuk, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang, Banten.

Kemudian varian asal India, B1617, sudah mengjangkiti dua warga Perumahan Pondok Jagung, Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

"Berdasarkan info dari posko KLB Kemenkes tanggal 01 Mei 2021, ada kasus positif strain baru," kata Kadinkes Banten, Ati Pramudji Astuti, Kamis (6/5/2021).

Ati yang juga menjabat Jubir Satgas Covid-19 Banten itu mengklaim sudah melakukan tracing terhadap orang yang dianggap kontak erat. Sampelnya pun sudah diambil dan sedang dilakukan penelitian lebih lanjut.

"Ya ada tiga pasien yang positif varian baru. Yang B117 pulang dari Arab Saudi. Kemudian yang B1617 penularan dari anaknya yang tinggal di Jakarta," katanya.

Ketiga pasien Covid-19 varian baru itu sudah mendapatkan penanganan khusus oleh tim medis. Kasus B1617 varian asal India mendapatkan perawatan medis di RS Hermina Tangsel.

"Strain B117 isolasi khusus, dipantau Puskesmas karena bergejala ringan," katanya menambahkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.