Sukses

Kapal India Bersandar di Riau, Kapten dan 4 ABK Positif Covid-19

Liputan6.com, Dumai - Empat warga negara India yang menjadi bagian dari 22 anak buah kapal berbendera negara itu yang bersandar di Pelabuhan Dumai pada 27 April 2021 positif terinfeksi COVID-19. Hal ini disampaikan Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Riau.

Juru bicara Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi mengatakan, keempat ABK berkebangsaan India itu dinyatakan positif terpapar virus corona baru setelah mereka menjalani tes usap dari tenaga medis.

Sebelumnya, kapten kapal tersebut juga sudah dinyatakan positif terpapar COVID-19 dengan kondisi "sedang menuju berat". "Yang bersangkutan pun telah mendapatkan perawatan khusus di salah satu rumah sakit di Kota Pekanbaru," Indra Yovi mengatakan di Pekanbaru, dilansir Antara, Selasa (5/5/2021).

Indra Yovi menambahkan, adapun kondisi kesehatan keempat ABK India tersebut masih tergolong ringan sehingga mereka hanya diminta melakukan isolasi mandiri di dalam kapal di bawah pemantauan tim medis.

"Tahu sendiri bagaimana perjuangan tim medis. Dengan berpakaian hazmat, mereka naik turun tangga kapal. Tapi, bagaimana pun ini tugas. Sudah kewajiban kita memberikan pertolongan kepada siapa pun dan dari mana pun mereka berasal," katanya.

Terkait dengan hasil uji usap kapten kapal asal India itu, otoritas terkait telah mengirimkan sampelnya ke Jakarta sebagai bagian dari langkah preventif penyebaran virus COVID-19 varian baru.

"Karena laboratorium kita belum bisa mendeteksi virus varian baru. Karenanya, sampelnya dikirim ke Jakarta," katanya.

Dalam beberapa pekan terakhir, India mengalami tsunami COVID-19 dengan kenaikan kasus baru mencapai lebih dari 400 ribu per hari. Di tengah krisis kesehatan ini, muncul pula mutasi virus corona baru yang dikenal sebagai varian B 1617.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.