Sukses

Gempa Magnitudo 5,8 Tuapejat Mentawai Terasa Kuat di Padang, Warga Berhamburan

Gempa bumi Magnitudo 5,8 mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (5/5/2021) pukul 08.24 WIB.

Liputan6.com, Padang - Gempa bumi Magnitudo 5,8 mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (5/5/2021) pukul 08.24 WIB. Informasi dari Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang menyebut, lokasi gempa berada di 1 kilometer arah Tuapejat, Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman 41 kilometer.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya mengatakan, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik," ujarnya.

Ia menyebut guncangan gempa dirasakan di daerah Mentawai, Painan, Padang, Pariaman, Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pantauan Liputan6.com, guncangan gempa terasa kuat di Kota Padang lyang menyebabkan warga berhamburan keluar rumah.

Mutia, salah seorang warga Padang mengatakan, biasanya gempa yang berlokasi di Mentawai tidak terasa sekuat ini di Kota Padang.

"Iya lebih kuat dibanding biasa, dengan perbandingan episentrum yang sama," katanya, Rabu (5/5/2021).

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.