Guncangan Gempa Tuapejat Kepulauan Mentawai Terasa Sampai Kota Padang

Oleh Novia Harlina pada 05 Mei 2021, 09:55 WIB
Diperbarui 05 Mei 2021, 09:55 WIB
Ilustrasi gempa bumi
Perbesar
Ilustrasi gempa bumi (sumber: Istockphoto)

Liputan6.com, Padang - Gempa bumi Magnitudo 5,8 mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (5/5/2021) pukul 08.24 WIB. Guncangan terasa kuat hingga sejumlah kabupaten dan kota di provinsi ini.

Informasi dari Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang, gempa terjadi di 1 kilometer arah Tuapejat, Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman 41 kilometer.

Pantauan Liputan6.com di lapangan, gempa terasa kuat di Kota Padang. Akibatnya masyarakat berlarian ke luar rumah.

Salah seorang warga Padang, Mutia mengatakan biasanya jika gempa dengan Magnitudo sekitar 5,8 di Mentawai tidak sekuat ini terasa di Padang.

"Iya lebih kuat dibanding biasa, dengan perbandingan episentrum yang sama," katanya, Rabu (5/5/2021).

Sementara Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulisanya mengatakan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik," ujarnya.

Ia menyebut guncangan gempa dirasakan di daerah Mentawai, Painan, Padang, Pariaman, Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓