Penemuan Benda Serupa Rumpon Bertuliskan Maldives di Perairan Sukabumi

Oleh Huyogo Simbolon pada 05 Mei 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 05 Mei 2021, 08:00 WIB
Rumpon Maldives
Perbesar
Benda serupa rumpon ditemukan nelayan di Perairan Sukabumi. (Foto: Facebook Asep Jeka)

Liputan6.com, Bandung - Nelayan di Desa Pangumbahan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menemukan benda serupa rumpon atau biasa dikenal sebagai penangkap ikan berwarna oranye di perairan Sukabumi.

Liputan6.com mendapati temuan nelayan tersebut melalui foto yang disebar akun Facebook Asep Jeka pada Selasa (4/5/2021).

"Nelayan menemukan benda seperti ini posisi laut Pangumbahan," tulis Jeka dalam keterangan foto yang dia unggah.

Jeka sendiri merupakan Ketua Rukun Nelayan Ujung Genteng. Menurut dia, benda tersebut bentuknya mirip pelampung serta ada nomor dan tulisan.

Benda tersebut sempat mau dibawa oleh nelayan. Namun saat diangkat, benda tersebut berat dan di bawahnya terdapat tali kawat seling.

"Sepertinya itu buoy, dibiarkan saja jangan diganggu," tulis Rudi Imelda mengomentari foto tersebut.

Asep memperkirakan jarak rumpon oranye itu dari bibir Pantai Cibuaya sekitar 5 kilometer. Ia pun telah melaporkan temuan tersebut ke Satpolair Polres Sukabumi.

"Awalnya simpang siur informasinya. Ada yang bilang benda pendeteksi tsunami ada yang bilang juga itu rumpon. Tapi nelayan di sini enggak ada yang pakai rumpon. Akhirnya saya lapor ke Polairud," ujar Asep saat dihubungi, Selasa (4/5/2021).

Berdasarkan amatan foto yang diunggah Jeka, Liputan6.com mendapati tulisan dan angka. Keterangan di benda itu sendiri tertulis Maldives yang artinya Maladewa, merujuk pada negara kepulauan di Asia Selatan yang bertetangga dengan Sri Lanka dan India.

Dari hasil pengakurasian foto unggahan Jeka dengan pencarian di Google Images Search serta mengetikkan kata kunci Maldives Buoy, terdapat informasi bahwa tulisan di rumpon tersebut merujuk pada Kementerian Perikanan dan Pertanian Republik Maladewa.

Foto yang dihimpun Google ini menampilkan rumpon asal Maldives yang bentuk serta cirinya identik dengan benda yang terapung di perairan Sukabumi.

Benda berwarna oranye itu adalah fish aggregating device (FAD) atau rumpon. Selain itu, dalam situs Indian Ocean Tuna Commision (IOTC) atau Komisi Ikan Tuna Samudera Hindia, diketahui bahwa semua rumpon ditandai dengan tulisan pelampung serta nomor.

Benda bulat yang ditemukan nelayan Sukabumi pun persis dengan yang ditampilkan di situs IOTC. Di mana terdapat tulisan Kementerian Perikanan dan Pertanian Republik Maladewa dan angka 50.

Liputan6.com sudah berusaha mengonfirmasi temuan ini ke Satpolairud Polres Sukabumi. Namun, belum mendapatkan penjelasan resmi dari instansi terkait.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓