Sukses

Semangat Pagi, Kapal Vaksinasi Covid-19 Polda NTT Sambangi Pulau-Pulau Terpencil

Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol Drs.Lotharia Latif SH, M.Hum memerintahkan Ditpolair Polda NTT, Biddokkes Polda NTT menggelar kegiatan pelayanan kesehatan Vaksinasi Nasional di Kabupaten Kupang,Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),Jumat (30/4/2021) pagi.

Liputan6.com, Kupang - Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif SH, M.Hum memerintahkan Ditpolair Polda NTT, Biddokkes Polda NTT menggelar kegiatan pelayanan kesehatan Vaksinasi Nasional di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kali ini vaksinasi berbeda dari sebelumnya. Vaksinasi Covid-19 digelar di atas kapal Polair Polda NTT dan di sekitar pesisir pantai Desa Huilelot, Kampung Batu Hopong, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, NTT dengan sasaran masyarakat sebanyak 200 orang.

Kegiatan dengan tema 'Pelayanan Kesehatan Terapung' ini dalam rangka percepatan program vaksinasi nasional adalah sebuah terobosan sebagai upaya proaktif Polda NTT dalam meningkatkan jumlah masyarakat NTT yang divaksin Covid-19.

Melalui kegiatan ini, Polda NTT melaunching Kapal Vaksin Mobile Covid-19, yang selanjutnya akan digunakan sebagai sarana pelaksanaan vaksinasi di daerah-daerah pesisir dan pulau-pulau yang sulit dijangkau dengan jalur darat.

Penyuntikan vaksin Aztra Zeneka tersebut dipimpin langsung Kabiddokes Polda NTT Kombes Pol. dr. sudaryono dan Karumkit Kompol dr. Heri Purwanto berserta tim Vaksinator Polda NTT berjumlah 20 orang

Hadir juga dalam kegiatan vaksinasi ini Dirpolairud Polda NTT Kombes Pol. Andreas Heri Susi Darto, S.I.K., Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H., Kapolsek Semau, Camat Semau dan Kepala Desa Huilelot serta warga Desa Huilelot.

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin kepada warga, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah serta pengecekan 13 kriteria penyakit yang tidak bisa mengikuti Covid-19. Selanjutnya penyuntikan vaksin Covid-19 pada lengan kiri dan diakhiri dengan observasi.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Datangi Pulau-Pulau Terpencil

Kapolda NTT melalui Kabidhumas Polda NTT, Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K, Liputan6.com, Jumat (30/4/2021) mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah serta implementasi program prioritas Kapolri. Dalam rangka mempercepat penanganan Covid-19. Salah satunya pelaksanaan vaksinasi.

Selain itu, ia juga menjelaskan kegiatan ini juga dalam rangka upaya proaktif untuk pelayanan Polri dalam rangka mendukung pelaksanaan vaksinasi nasional.

"Kita mendatangi masyarakat pesisir dan pulau-pulau yang terpencil yang sulit dijangkau lewat darat, kita melakukan dengan mendatangi menggunakan kapal-kapal dari Direktorat Polair Polda NTT. Dan Penyuntikan vaksin selain di pesisir juga di atas kapal. Ya, karena memang tempatnya tidak memungkinkan untuk di pinggir. Jadi kita laksanakan dikapal ini. Jadi kita siapkan pelayanan untuk vaksinasi terapung,” jelas Kabid Humas Polda NTT.

Dia menjelaskan, di Huilelot Pulau Semau, NTT ini, kepolisian akan memberikan vaksinasi kepada 200 orang.

"Targetnya untuk hari ini, kita bisa memberikan dua ratus vaksin ini, dan diharapkan untuk dua ratus dosis ini kepada dua ratus masyarakat,” kata dia.

Camat Semau Yoel Laitabun menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Polda NTT yang sudah membantu masyarakat dalam rangka percepatan target pemerintah.

"Terselenggaranya kegiatan ini sangat sekali membantu masyarakat Pulau Semau khususnya warga Desa Huilelot," kata Yoel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.