Cek Titik Penyekatan Pemudik di Garut, Mana Saja?

Oleh Jayadi Supriadin pada 01 Mei 2021, 22:00 WIB
Diperbarui 01 Mei 2021, 22:00 WIB
Sejumlah anggota kepolisian polres Garut, Jawa Barat, tengah melakukan upaya penyekatan untuk menghindari penyebaran Covid-19 dalam momen lebaran tahun ini.
Perbesar
Sejumlah anggota kepolisian polres Garut, Jawa Barat, tengah melakukan upaya penyekatan untuk menghindari penyebaran Covid-19 dalam momen lebaran tahun ini. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Garut Kepolisian Resor Garut, Jawa Barat menyiapkan sebanyak 12 titik penyekatan, untuk membendung datangnya para pemudik yang akan memasuki Garut. 

Kepala Biro Operasi Polda Jabar Kombes Pol. Stephen mengatakan, penyekatan pemudik dalam pelaksaan Operasi Ketupat Lodaya 2021 kali ini, diharapkan mampu menekan penyebaran Covid-19, sekaligus untuk menghidupkan ekonomi masyarakat.

“Kalau kita sukses melakukan operasi Ketupat Lodaya 2021, Insyaallah pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus naik,” ujarnya saat pemantauan titik penyekatan di POS GTC Limbangan, Garut, Jumat (30/4/2021).

Semakin banyaknya upaya penyekatanyang dilakukan aparat dinilai mampu menyadarkan masyarakat untuk tidak mudik tahun ini, sesuai dengan imbauan dan intruksi pemerintah pusat.

“Sekarang masyarakat merangkak maju, tidak mundur lagi, mohon kesadarannya untuk menahan diri,” dia meminta.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

151 Titik Penyekatan di Jabar

Momen mudik tahun ini ujar Stephen, ada sekitar 151 titik penyekatan di seluruh wilayah hukum polda Jabar. 12 di antaranya berada di wilayah Garut.

“Kami berpedoman terhadap peraturan Kementerian Perhubungan, sudah jelas siapa saja yang akan diizinkan masuk ke kota Garut,” ujarnya.

Kasat Lantas Polres Garut, AKP Karyaman, mengatakan, kepolisian tidak akan tinggal diam untuk menindak pemudik yang tetap nekat mudik ke Garut, termasuk melakukan rapid test dan antigen.

“Jika terbukti positif akan dikarantina di tempat yang sudah disediakan oleh dinkes dan Satgas Covid-19,” ancam dia.

Karyaman menjelaskan dari ke 12 titik penyekatan, sebanyak empat titik utama yakni Limbangan, Simpang Tiga Jalan Baru Kadungora, Simpang Tiga Malangbong, dan Masjid Hidayatul Muna Jalur Garut-Tasik.

Serta delapan titik cek poin di jalur tikus menuju Kabupaten Garut seperti jalur Cijapati, Kadungora untuk meminimalisasi pemudik yang menggunakan jalur tersebut.

“Kami sudah siapkan penyekatan di jalur tikus,” kata dia.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓